Home / Nasional / Bawaslu Mengadakan Repleksi Tahapan Pemilu Pada Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019

Bawaslu Mengadakan Repleksi Tahapan Pemilu Pada Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019

 

LensaHukum.co.id - IMG 20190911 WA0006 - Bawaslu Mengadakan Repleksi Tahapan Pemilu Pada Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019

LENSA HUKUM

CIKARANG BARAT – KABUPATEN BEKASI

Bawaslu melakukan repleksi tahapan kepada peserta pemilu, pada proses tahapan awal pada pemilu Tahun 2019 kemaren bahwa kita Bawaslu Kabupaten Bekasi memiliki 3 pungsi yakni pengawasan penetapan pelanggaran, jadi secara keseluruhan Bawaslu harus terus mengawasi (TPS) tempat pemungutan suara, dengan indikasi pelanggaran pemilu,tahun ini akan di adakannya pemilu/pilkada serentak di 2019 Untuk Pengawasan TPS mereka bekerja 1 Minggu Sebelum Pelaksanaan pemilu mereka sudah mengawasi persiapan di TPS-TPS(Tempat Pemungutan suara)
baik pembuatan lokasi TPS persiapan TPS sampai pelaksanaan pemungutan suara,proses harus berjalan, dan proses pangat panjang dan 2024 akan di adakan pemilu serentak,Selasa (09/09/2019)

Kegiatan Refleksi tersebut diikuti seluruh unsur yang pernah terlibat dalam pesta demokrasi lima tahunan di antaranya dari Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu),organisasi pemantau pemilu, aparatur sipil negara, jurnalis, mahasiswa, pelajar dan santri,pramuka,ormas,organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi,Syaiful Bachri mengatakan refleksi ini merupakan bentuk pertanggung jawaban lembaga pengawasan pemilu kepada publik,apa yang sudah dicapai pada proses tahapan Pemilu 2019 ini bisa tersampaikan kepada seluruh elemen masyarakat.

LensaHukum.co.id - IMG 20190911 WA0007 - Bawaslu Mengadakan Repleksi Tahapan Pemilu Pada Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019“ Pada kegiatan refleksi ini akan menjadi masukan bagi pemerintah,baik eksekutif maupun legislatif dalam pelasakanaan pemilu terdapat beberapa kendala. Sehingga hal ini nantinya akan dijadikan evaluasi dan rekomendasi yang berjenjang untuk pelaksanaan pemilu di masa yang akan datang,” tuturnya.

Menurutnya kegiatan refleksi ini digelar untuk mengingat kembali bagaimana pengawasan Bawaslu dalam tahapan-tahapan pemilu yang sudah digelar. Mulai dari tahapan DPT,berkas, kampanye,masa tenang hingga pencoblosan.

Refleksi yang digelar Bawaslu juga dihadiri Komisioner Bawaslu Jawa Barat,Zaki Hilmi. Zaki menyebut,di Jawa Barat sendiri terdapat sekitar 900 pelanggaran yang ditangani,sekitar 600 pelanggaran merupakan temuan Bawaslu di lapangan,sementara 300 lainnya merupakan partisipasi masyarakat.

“ Partisipasi masyarakat harus terus dilakukan agar menciptakan pemilu yang sesuai koridor hukum kedepannya, ” Ucapnya.

 

 

 

 

( SULE / YAKUB )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - IMG 20190918 WA0132 - Satuan Reskrim Polres Aceh Tengah Kembali Membekuk 1 Tersangka Kasus Penipuan Dan Pengelapan

Satuan Reskrim Polres Aceh Tengah Kembali Membekuk 1 Tersangka Kasus Penipuan Dan Pengelapan

  LENSA HUKUM ACEH TENGAH Satuan Reskrim Polres Aceh Tengah kembali Membekuk 1 Tersangka Kasus …

Tinggalkan Balasan