Home / Sosial & Budaya / Dalam Rangka penyusunan Dokumen Lingkungan (Amdal) Di Kecamatan Tambun Utara
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Dalam Rangka penyusunan Dokumen Lingkungan (Amdal) Di Kecamatan Tambun Utara

 

 

LensaHukum.co.id - 20190924 153810 1 - Dalam Rangka penyusunan Dokumen Lingkungan (Amdal) Di Kecamatan Tambun Utara

 

LENSA HUKUM

TAMBUN UTARA – KABUPATEN BEKASI

Acara Konsultasi Dalam Rangka Penyusunan Dokument Lingkungan (AMDAL). Pembangunan Terminal Inland WaterWay Cikarang Bekasi Laut  (CBL). Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kementrian Perhubungan Republik indonesia,Selasa 24 September 2019.

Kegiatan ini dilakukan di Aula Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten bekasi,dihadiri oleh Dirut Pencegahan Dampak,Usaha dan Kegiatan,Kementrian Lingkungan Hidup ,KehutananKementrian Perhubungan BPTJ,IPC Pelindo II,Tim Konsultan dari Pihak PPTJ,Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Bekasi,Dinas Perhubungan Kecamatan Babelan,Kecamatan Tambun Utara,kecamatan cibitung dan Kecamatan Sukawangi,Lurah Wanasari,Kades Muktiwari,Kades Sukamekar,Kades Buni Bakti,Kades Muara Bakti,Kades Urip jaya,Kades Srijaya,Desa Srimukti,Kades Srimahi,BPD Desa,Sekertaris BPD,Babinsa Desa,Babinsa Kamtibmas Desa,Ketua Alu (Aliansi Utara) serta Tokoh masyarakat dan pemuka agama Tambun Utara.

LensaHukum.co.id - 20190924 154124 - Dalam Rangka penyusunan Dokumen Lingkungan (Amdal) Di Kecamatan Tambun UtaraAdapun Kajian Mengenai dampak Penting Suatu usaha atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan Keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan kegiatan.

Tujuan keterlibatan Masyarakat  antara lain :

1. Masyarakat mendapatkan informasi mengenai rencana usaha atau kegiatan yang berdampak penting terhadap lingkungan.

2. Masyarakat dapat menyampaikan saran,pendapat atau kegiatan tanggapan atas rencana usaha dan kegiatan yang berdampak penting terhadap lingkungan.

3.Masyarakat dapat terlibat dalam proses pengambilan keputusan terkait dengan rekomendasi kelayakan atau berdampak penting terhadap lingkungan.

4. Masyarakat dapat menyampaikan saran,pendapat dan tanggapan atas proses ijin lingkungan.

LensaHukum.co.id - 20190924 150436 - Dalam Rangka penyusunan Dokumen Lingkungan (Amdal) Di Kecamatan Tambun Utara

 

Saat diwawancarai Media Lensa Hukum,Mengatakan, ” Kegiatan yang wajib kita lakukan dalam rangka kita menyusun Amdal dari proyek inland Water Ways dari proyek Cikarang bekasi Laut (CBL). Proyek ini nanti tentunya yang pertama kali Nolmalisasi Kanal. Kedua pembangunan Dermaga. Rencana pembangunan Dermaga ini ada kurang lebih ada 41 hektar,yang akan di Kelola Oleh PT.Pelindo kemudian kanal ini akan dibangun di Normalisasi bersama-sama antara kementrian. Kita dalam rangka konsultasi pabrik ini kita tentunya akan libatkan dari masyarakat,karena gimanapun adanya dampak untuk masyarakat sekitar. Kedepannya ini menjadi proyek besar,kita harapkan salah satu alternatif Safeting untuk pemindahan angkuran dari mobil truk ke Tongkang akan mengurangi dampak kemacetan,petik Emas untuk menggunakan Tongkang seperti di Priuk untuk mengurangi kemacetan ” Ungkap,Edi Ns,selaku Direktur Prasarana PPTJ Kemenhub.

Masyarakat yang diikutsertakan yaitu :

1. Masyarakat yang terkena dampak.

2. Masyarakat yang memperhatikan lingkungan.

3. Masyarakat yang terpengaruh atas segala bentuk keputusan dalam proses AMDAL.

Adanya terkait rancangan rencana pembangunan Water Way ini. Memang kita ada harapan juga kita sebenarnya ada juga kecamasan. Yang pertama harus dilakulan secara proporsional dan mewakili aspirasi masyarakat dalam persoalaningkungan hidup. Yang Kedua soal Kita tentunya soal Lingkungan masalah Teknis,Kali CBL jika musim banjir air tentunya akan meluap dan akan terkena imbas dari dampak tersebut, ” Tegas, SANUSI,Ketua Aliansi Utara.

 

 

 

( SAM LUBIS )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - Screenshot 20220107 110613 WhatsApp 310x165 - Ketua Karang Taruna Kabupaten Bekasi Angka Bicara Terkait Viral Pungutan Parkiran

Ketua Karang Taruna Kabupaten Bekasi Angka Bicara Terkait Viral Pungutan Parkiran

  LENSA HUKUM JAYAMUKTI – KABUPATEN BEKASI Lensahukum.co.id Viral nya Video pungutan liar yang di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.