Home / Nasional / Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Gelar Pelatihan Dan Pengembangan Bank Sampah
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Gelar Pelatihan Dan Pengembangan Bank Sampah

 

LensaHukum.co.id - IMG 20191010 WA0042 - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Gelar Pelatihan Dan Pengembangan Bank Sampah

LENSA HUKUM

KABUPATEN TEGAL

Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional, Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Tegal menyelenggarakan Pelatihan dan Pengembangan Bank Sampah,Rabu (09/10/2019),di Gedung Candra Kirana Lantai 2 Setda Kabupaten Tegal. Acara yang dimulai pada pk. 08.30 WIB ini diikuti oleh 75 peserta para pegiat sampah perwakilan dari 18 kecamatan di kabupaten Tegal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal, Drs.Agus Subagyo,MM,dalam sambutannya menyampaikan bahwa sampai saat ini kita belum merdeka dari sampah.

LensaHukum.co.id - IMG 20191010 WA0044 - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Gelar Pelatihan Dan Pengembangan Bank SampahApalagi Indonesia sudah mendapat predikat negara urutan kedua penyumbang sampah platik ke lautan terbesar di dunia. Jadi mulailah dari perilaku masyarakat yang peduli lingkungan,karena memerangi sampah tidak hanya menjadi tanggung jawab DLH saja,tapi perlu peran serta dan perjuangan seluruh masyarakat. Ke depan Pemkab kab. Tegal programnya bukan lagi gerakan membentuk 100 Bank Sampah akan tetapi Insya Allah minggu depan Bu Umi (Bupati Tegal) menerbitkan surat membangun 1000 bank sampah, tegasnya penuh harap.

Diiringi tepuk-tangan para peserta “ Training of Trainer Bank Sampah ”.
Ketua Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI), Budi ketika ditanya awak media LENSA HUKUM terkait kegiatan hari ini menjelaskan, jika sebelumnya pembentukan bank sampah hanya sebatas seremonial saja, melalui pelatihan ini sudah melangkah yang bersifat teknis. Kenapa baru dilaksanakan belakangan ini,karena permasalahan sampah di kabupaten Tegal ini sudah sangat mendesak untuk diatasi.

LensaHukum.co.id - IMG 20191010 WA0043 - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Gelar Pelatihan Dan Pengembangan Bank SampahASOBSI dan Karang Taruna Kabupaten Tegal menginisiasi kepanitiaan pembentukan 100 bank sampah dengan pola pendampingan. Yang terlibat bukan cuma kelompok ibu-ibu PKK namun Karang Taruna diharapkan bisa lebih berperan aktif. Seperti diketahui bahwa sampah bukan an-organik saja, malah 60%nya adalah sampah organik yang memerlukan partisipasi para tenaga muda dari Karang Taruna.

Bagi yang membuang sampah sembarangan,kita bertindak sebagai polisinya,kita desak Lurah untuk mengeluarkan Perdes yang terkait dengan itu. Perda No.6 tahun 2017 bisa menjadi acuan,para pelanggarnya dapat dikenai denda hingga Rp 50 juta, ” UngkapBudi lebih jauh.
Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Tegal, Edi Sulistiyanto dalam wawancaranya kepada LENSA HUKUM. ” Mengatakan,bahwa kami siap di garda terdepan baik tenaga dan pikiran untuk mensukseskan program Tegal Bebas Sampah. Karang taruna akan menjadi pelopor pembangunan desa, menciptakan kegiatan ekonomi produktif,seperti mendaur ulang sampah, komposting,termasuk menciptakan alapangan pekerjaan. Intinya kami siap menciptakan kesejahteraan sosial, dan mencegah permasalahan sosial.

 

 

 

 

( ANDI IRIANTO )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - IMG 20220120 WA0029 310x165 - Keindahan SMP 3 Tambun Selatan Patut Di Tiru Sekolah lain

Keindahan SMP 3 Tambun Selatan Patut Di Tiru Sekolah lain

  LENSA HUKUM KABUPATEN BEKASI Lensahukum.co.id Sekolah tempat mencari ilmu anak anak dari itu sekolah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.