Home / Nasional / Di Duga Oknum BPN Kabupaten Bekasi Mempersulit Pembuatan Sertifikat Ibu Ropiah
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Di Duga Oknum BPN Kabupaten Bekasi Mempersulit Pembuatan Sertifikat Ibu Ropiah

 

LensaHukum.co.id - Screenshot 20191026 023230 Video Player - Di Duga Oknum BPN Kabupaten Bekasi Mempersulit Pembuatan Sertifikat Ibu Ropiah

LENSA HUKUM

LIPPO CIKARANG – KABUPATEN BEKASI

Ibu Ropiah salah satu Warga Kampung Kompi Desa Sukaasih Kecamatan Sukatani kabupaten Bekasi mendatangi Kantor BPN kabupaten bekasi  yang berada di Komplek Lippo Cikarang Selatan,Kamis 24 November 2019.

Pihak Warga yang ingin memperjelas sampai dimana penyelesaian Pembuatan Sertifikatnya hingga saat ini. Ibu Ropiah Bertiga antara lain,bersama Adiknya serta salah seorang Yang dikuasakan Untuk Kepengurusan Pembuatan Sertifikat.

Media Lensa Hukum saat meminta bertemu dengan Kepala Pihak BPN untuk Konfirmasi terkait masalah kejelasan Pembuatan Sertifikat,setelah mengisi Buku Tamu dan juga diminta no.Berkas arsip yang sudah masuk ke BPN oleh petugas Security dan kami menanyakan apakah Kepala BPN ada di Ruangan…??? petugas Security langsung menjawab ” Bapak ada di ruangan kerjanya. Setelah menunggu selama 30 menit juga belum ada jawaban,akhirnya kami minta agar di monitor kembali security yang di bawah untuk memonitor kembali ke security yang berada di atas apa jawabannya…?? Media Lensa Hukum menanyakan kembali kepada pihak keamanan security untuk kepastiannya, jawab security Bapak tidak bisa ditemui, ” apakah bapak ada tamunya di dalam ” …??? jawabnya, ” tidak ada ”  jawab security Dan kami media lensa hukum tetap meminta ingin konfirmasi minta waktu 10 menit,agar kami berimbang berita kami tidak sepihak setelah kami beritakan dan jangan salahkan kami apa bila kami telah menaikan berita sesuai dengan SOP kami selaku Media dan kami harus berimbang tidak memihak sebelah  Dan akhirnya security bergegas kembali keruangan Kepala BPN kabupaten Bekasi, ” setelah 30 menit menunggu terlalu lama akhirnya  Media Lensa Hukum meminta bertemu dengan Kasubag Guntur untuk konfirmasi atas Dugaan Oknum BPN yang mempersulit dan memperlambat Pembuatan Sertifikat tersebut, Media lensa Hukum Merasa heran sebelum kepala BPN 2019 yang baru menjabat ini berbeda dengan kepala BPN sebwlumnya yaitu Pak.DIrwan,kami merasa dihargai olehnya pak.Dirwan selaku Pejabat BPN yang terbuka terhadap Semua Media,LSM maupun Ormas,yang ingin bertemu apa lagi terkait masalah atau konfirmasi kami selaku media lensa hukum merasa kecewa terhadap BPN yang sekarang ini,dugaan kami sepertinya beliau Anti Terhadap Wartawan Dan bagi kami lebih mudah menemui Mentri dibandingkan kepala BPN, Pihak Security hanya Tersenyum saja, ” Ujar, Sam Lubis,salah satu wartawan Lensa Hukum,akhirnya kami di Terima oleh Kasubag Guntur untuk konfirmasi tentang Dugaan Oknum BPN yang mempersulit dan memperlambat Pembuatan Sertifikat Di BPN Kabupaten Bekasi.

Media Lensa Hukum Meminta keterangan Kronologisnya kepada ibu Ropiah, ” Mengatakan Bahwa,Saya didatangi oleh 2 orang petugas diantaranya yang satu Pihak dari Badan Pertanahan Kabupaten Bekasi (BPN) dan Satu Orang lagi Dari pihak kepolisian dengan pakaian seragam polisi,Usianya kurang lebih sudah separuhbaya dan menanyakan tentang apakah ibu Ropiah Sudah memberikan Berkas berikan yang diperlukan pihak BPN kabupaten Bekasi berupa tanda tangan Para tetangga Lokasi Tanah Rumah Ibu ini di Depan,Kanan,Kiri dan Belakang Serta Minta Tanda Tangan Dari Pihak Kepala Desa dan disertakan Stempel Kepala Desa,kata Petugas Tim Verifikasi Dari Pihak BPN Kabupaten Bekasi, ” Unjar, Ropiah,Kepada Media Lensa Hukum.

LensaHukum.co.id - Screenshot 20191026 023450 Gallery - Di Duga Oknum BPN Kabupaten Bekasi Mempersulit Pembuatan Sertifikat Ibu RopiahLanjutan,Saya Sempat berbicara kepada Pihak BPN kabupaten Bekasi,Bahwa semua itu sudah kami lakukan dan Berkas Tersebut Sudah dijalani Oleh Pak.LUKMAN HAKIM.SH,Selaku Orang Yang Saya Berikan Kuasa Penuh Untuk Menjalankan Kepengurusan Permohonan Sertifikat Kepada Badan Pertanahan Kabupaten Bekasi dan Bapak Bisa Hubungi Pak.Lukman Langsung bisa WhatApp ke Beliau dan Surat Kuasa Secara Tertulis sudah saya berikan dan saya Serahkan kepada Pak.Lukman. Akan tetapi Petugas hanya mengatakan Berkas ini Nanti Ibu Terima dan mohon di Tanda Tangani semua yang sudah saya berikan Tanda  Coretan dan tolong di tanda tangani Pak.Kepala Desa juga di Sertakan Stampel  Kepala Desa Sukaasih,Kata Petugas BPN Kabupaten Bekasi Kepada Saya dan Saya bilang Saya Tidak tau menahu Soal itu saya telphon Adik saya saja kalau begitu Agar dia bisa hubungi Pak.Lukman karena sudah saya serahkan hal ini kepada Beliau, ” Akhirnya setelah Saya hubingi Adik saya yang bernama Ryan akhirnya menghubungi Pak.Lukman Hakim,SH. Dan akhirnya hari Kamis Jam.10 siang bertemu bertiga dengan Pak.Lukman Hakim,SH beserta Adik Saya Ryan, ” Ungkap,Ropiah.

Media Lensa Hukum meminta keterangan Kronologis kepada Adik Ibu Ropiah selaku Perwakilan Pihak Keluarga Ibu Ropiah, ” Menjelaskan, ” Bahwa Kakak Saya Hj. Ropiah Sudah memberikan datanya kepada Saudara Lukman Hakim,SH, untuk kepengurusan Sertifikat Tanah Ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi dan Saya lihat Sendiri Pertanggal 19 Agustus Data Itu sudah diserahkan Kepada pihak BPN dan Hal ini apa lagi yang BPN inginkan sampai Membawa 2 orang Petugas yang Satu Dari Pihak BPN kabupaten Bekasi dan Seorang Lagi Anggota Kepolisian berpakaian Seragam Lengkap,Maksudnya ini apa dari semua ini dan Di depan Kasubag BPN Pak.Gunturpun saya jelaskan saya datang menemui pihak BPN ingin meminta Kejelasan tentang Sampai dimana Pembuatan Sertifikat Kakak Saya Hj. ROPIAH dan sudah 2 Bulan ini kenapa baru sekarang Meminta Tanda tangan Kepala Desa dan Stempel Desa padahal itu semua sudah dijalankan oleh Pak. LUKMAN HAKIM.SH,Selaku Yang DiKuasakan oleh Kakak saya,kenapa tidak dihubungi Pak.Lukman saja padahal semua no.telpon dan What App beliau sudah diserahkan ke pihak BPN ” Ucap Ryan Kepada Kasubag Guntur.

LensaHukum.co.id - Screenshot 20191026 023553 Gallery - Di Duga Oknum BPN Kabupaten Bekasi Mempersulit Pembuatan Sertifikat Ibu Ropiah” Saya selaku yang dikuasakan untuk Kepengurusan Sertifikat Tanah Hj. Ibu Ropiah, ” Mengatakan, Yang pertama yang saya pertanyakan Kenapa Pihak Badan Pertanahan Kabupaten Bekasi Membawa Anggota Berseragam Kepolisan Lengkap kerumah Ibu Ropiah Maksudnya ini apa…??? Apakah mau menakuti ibu Ropuah atau bagaimana..??. Yang kedua Surat Kuasa yang Diberikan Kepada saya secara Yuridis Hukum ini sudah Kuat secara Legal dan semuanya pastinya saya yang mengurusi semua urusan permohonan Pengajuan Sertifikat Tanah Hj. IBU ROPIAH. Dan Saya juga Kecewa ada Oknum Pihak BPN Kabupaten Bekasi yang berinisial ” L ” dibagian Tim Verifikasi Sertifikat Kepemilikan Hak ini Membalas Whats App secara tidak Sopan dan Saya dibilang Cerewetlah dan ibu Ropiah saja tidak Cerewet kenapa pak.Lukman Hakim Yang cerewet dan WhatApp tersebut sudah saya simpan karena tidak Etis menurut saya,selaku Pelayan Publik atau sebagai Pelayan Masyarakat seharusnya memberikan penjelasan secara jelas secara gambang yang Keterbukaan Informasi Publik menurut Undang -undang No.14 Tahun 2008  selaku Pelayan Publik seperti BPN salah satunya ini perlu dilakukan baik masyarakat,apa lagi Media atau LSM,Informasi tersebut perlu kita ketahui, ” Tegas, Lukman Hakim,SH.

Seperti SOP atau Standar Operasional berapa lamanya pembuatan Sertifikat Tanah di Kabupaten Bekasi setelah semua berkas diterima oleh pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN)….??? Yang terakhir menurut saya, Apakah Dugaan Saya kepada Pihak BPN kabupaten Bekasi mengenai Pengajuan Sertifikat yang sedang berjalan ini di persulit,diperlambat atau Mengulur Waktu hingga atau sebagainya…??? Harapan saya,Agar pihak BPN kabupaten Bekasi agar lebih Profesionalisme kerjanya dan sebagai Pelayan Publik harus lebih Bijak didalam menerima laporan setiap Keluhan Dari Warga untuk kepengurusan Sertifikat Tanah kalau sudah jelas tanah tersebut dan bukan tanah negara sudah lanjutkan dan dikerjakan secara Real dan Profesional kerja dan jangan ada saya dengar Dugaan Suap menyuap untuk pembuatan Sertifikat Tanah,dalam tanda kutip ” dugaan kalau tidak ada uang pelicinnya Pihak BPN kabupaten Bekasi diperlambat atau dipersulit, ” Ucap,Lukman Hakim.SH,Selaku Yang dikuasan Kepengurusan Sertifikat.

LensaHukum.co.id - Screenshot 20191026 024158 Gallery - Di Duga Oknum BPN Kabupaten Bekasi Mempersulit Pembuatan Sertifikat Ibu RopiahLanjutan, ” Menurut Pak.Presiden Jokowie Bagi yang Mempersulit pembuatan Sertifikat Tanah yang sudah jelas tanah dan Asal Usulnya dan Tanah tersebut bukan milik Negara segera di kerjakan dan apabila ada yang menunda atau mempersulit bisa langsung di Laporkan, ” Tegas, Lukman Hakim.SH.

Adapun Pembuatan Sertifikat sesuai SOP nya setelah Berkas di Terima Pihak BPN Selama 90 hari kerja dan panitia beda, jadi di BPN itu ada tim pengukuran dan di ukur dulu sudah jadi BBT baru nanti ada tim kedua tim pemeriksa jadi tidak ada satu tim ini. Tim Verifikasi ini yang  melakukan Verifikasi benar atau tidak tanah ini milik ibu,nanti dari desa ada tanda tanggan ? Dan kenapa saya pertemukan Ibu Ropiah beserta Pak.Lukman Hakim agar saya tau jelas pokok permasalahan yang ada seperti apa dilapangan agar singkron dengan petugas kami dilapangan dan setelah laporan ini sudah kami terima pastinya setekah nanti semua berkas dikembalikan kepada kami Pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN), Pastinya kalau tidal ada Gugatan dan berkas tersebut lengkap dan Normal pastinya cepat selesai dan tidak lama lagi sekitar 3 bulan pastinya dan mungkin bisa lebih cepat lagi dan pastinya menjadi Atensi atau perhatian khusus karena terbentur dengan banyaknya pekerjaan yang lain dan Sumber Daya manusia (SDM) kita juga masih kurang jadi pasti ya setelah data kita terima pastinya saya tetap akan memonitor setiap minggunya dan informasinya akan saya berikan ke Pak.Lukman Hakim,SH,langsung pastinya, ” Ujar, Guntur selaku Kasubag BPN kabupaten Bekasi.

 

 

 

 

 

( SAM LUBIS / MARIAM / SULE )

 

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - IMG 20220120 WA0029 310x165 - Keindahan SMP 3 Tambun Selatan Patut Di Tiru Sekolah lain

Keindahan SMP 3 Tambun Selatan Patut Di Tiru Sekolah lain

  LENSA HUKUM KABUPATEN BEKASI Lensahukum.co.id Sekolah tempat mencari ilmu anak anak dari itu sekolah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.