Home / Nasional / Ini Tugas Fungsi dan Tanggung Jawab Duta Wisata Yang Di Nobatkan Menjadi Win Ipak

Ini Tugas Fungsi dan Tanggung Jawab Duta Wisata Yang Di Nobatkan Menjadi Win Ipak

 

LensaHukum.co.id - IMG 20191106 WA0033 - Ini Tugas Fungsi dan Tanggung Jawab Duta Wisata Yang Di Nobatkan Menjadi Win Ipak

LENSA HUKUM

KBUPATEN ACEH TENGAH

Dinas Pariwisata Melalui Kasi Promosi Wisata,Kabupaten Aceh Tengah,berharap Duta Wisata Win Ipak Aceh Tengah untuk berperan aktif membantu pemerintah dalam mempromosikan Wisata yang ada di dataran tinggi Tanoh Gayo.

Taufik,saat di temui media ini mengatakan bahwa pungsi dan tugas Duta Wisata Win Ipak Aceh Tengah mempunyai peranan penting untuk mempromosikan sektor Pariwisata,Seni,Budaya serta pesona alam yang ada di gayo untuk di beritahukan kepada seluruh pengunjung wisatawan asing maupun lokal,Rabu Tanggal 6 November 2019.

Ia menjelaskan pemilihan duta wisata dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata,Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Aceh Tengah.

” Tujuan dinas pariwisata untuk mencari sosok duta wisata yang bisa bertugas profesional dalam membantu pemerintah untuk mengenalkan wisata yang ada di Aceh Tengah kepada seluruh wisatawan ”

Taufik menuturkan,Kabupaten Aceh Tengah merupakan salah satu daerah di Aceh yang memiliki pesona indahnya danau laut tawar serta alam yang luar biasa seperti wisata pengunungan yang masih asri dan ini tentunya menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Gayo.

“ Selanjutnya duta wisata yang telah dinobatkan harus berperan untuk memprosikan sektor pariwisata di Kabupaten Aceh Tengah,jadi tidak terpaku pada penobatan saja, ”

Menurutnya,Duta Wisata adalah sosok yang diharapkan dapat menjadi bagian terdepan di sebuah wilayah dalam menggali, memperkenalkan hingga kemudian menjadi bagian dari denyut kehidupan seni,budaya dan pariwisata.

Duta Wisata bisa diartikan sebagai Tokoh yang menjadi icon dalam masyarakat yang memahami benar segala aspek dalam pariwisata,baik obyeknya maupun subyeknya, serta memiliki beberapa fungsi penting,seperti yang di kutip media ini dari Dirjen Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

” Duta Wisata dapat menjadi pelopor dalam masyarakat akan pentingnya sadar wisata,tentu menjadi salah satu faktor dalam kemajuan dunia pariwisata, menjadi media promosi pariwisata serta sarana dan prasarana masyarakat untuk mengenal segala hal dalam pariwisata.

Duta Wisata,baik di daerah maupun di pusat,menggelar rangkaian pemilihan yang menghabiskan biaya tak sedikit,dengan standard penilaian yang juga tidak rendah,di kemas dalam bentuk pagelaran yang megah dan tentu mengandung ekspektasi serta filosofi daerah sehingga para pemenang diharapkan dapat benar benar memahami dan menjalankan segala keagungan budaya luhur daerah dimana mereka berasal.

Sebagian Duta Wisata tentu saja sesuai dengan yang diharapkan pemerintah,meski sebagian lainnya masih di pertanyakan dedikasinya.

Sungguh sebuah langkah mudah bagi sosok Duta Wisata dalam memperkenalkan keunggulan daerahnya pada khalayak ramai,Selain tampilan fisik mereka tentu menjual dan lebih memiliki daya tarik diatas rata rata fisik usia sebaya mereka.

” Tegasnya Promosi tak melulu harus dengan media massa berupa media cetak atau elektronik saja, kekuatan dunia maya dapat di kerahkan untuk membangun image terbaik dari daerah dimana Duta Wisata bertugas, Duta Wisata di daerah tentu memiliki tanggungjawab dalam memberikan wacana terbaik daerahnya kepada semua pihak diluar daerah”

Sebagian Duta Wisata menjalankan fungsinya,meski masih ada bagian Duta Wisata yang hanya sekedar jadi Duta Wisata tanpa pernah peduli dengan gelar yang disandang atau di sabetnya, akun media sosial yang mereka punya,tak semua Duta Wisata Daerah bangga mempamerkan keindahan seni,budaya dan potensi wisata daerah mereka.

” Sebagain bangga dengan kunjungan luar negeri yang mereka jajaki,sebagian lagi memenuhi akun media sosialnya Instagram,Twitter,Facebook dan brand sosmed lainnya dengan wajah wajah tampan nanti cantik yang dikemas dalam ragam ekspresi photo selfie.! Atau photo photo aktivitas hedonist, party to party”

Jelasnya,tak ada yang salah dengan foto personal, karena itu hak personal selaku pemilik akun,tetapi tentu porsinya jangan mengalahkan foto foto objek wisata daerah dimana mereka berasal,Karena sudah jadi tugas utama mereka memperkenalkan potensi seni,budaya dan pariwisata daerah yang ia tinggali.

Selain itu,Duta Wisata kini di hadapkan dengan ragam tanggungjawab nan komplek. Sebut saja keharusan untuk terus belajar,mengasah kemampuan komunikasi karena Duta Wisata tentulah sosok yang luwes dalam berkomnikasi, membekali diri dengan banyak kemampuan yang berhubungan dengan tugas Duta Wisata dan keperluan personal sebagai pribadi remaja yang unggul.

Saya sangat mengapresiasi sosok sosok Duta Wisata Daerah yang berkenan terjun langsung di lapangan memandu pendatang,Karena kesediaan dan kemampuan terjun langsung di lapangan mendampingi wisatawan adalah kemampuan yang tidak semua personal dimiliki,meski Duta Wisata perkotaan ibukota sekalipun, ” Tuturnya.

 

 

 

 

( CHARIM )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - Screenshot 20191112 105257 Gallery - Warga Kampung Pulo Bambu Kecamatan Karang Bahagia Keluhkan Pelayanan PLN Yang Sering Padam

Warga Kampung Pulo Bambu Kecamatan Karang Bahagia Keluhkan Pelayanan PLN Yang Sering Padam

    LENSA HUKUM KARANG SENTOSA – KABUPATEN BEKASI Dengan wacana pemerintah akan mencabut subsidi …

Tinggalkan Balasan

WARNING…. !

Kami Redaksi Media Lensa Hukum Menghimbau apabila Ada OKNUM yang mengatasnamakan Wartawan/Wartawati yang tidak terdaftar di Box Redaksi. Seluruh tindakan dan perbuatannya bukan bertanggung jawab kami. Cek Box Redaksi