Home / Nasional / Susi Pujiastuti Mantan Menteri Kelautan Geram illegal fishing di Indonesia
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Susi Pujiastuti Mantan Menteri Kelautan Geram illegal fishing di Indonesia

 

LensaHukum.co.id - Screenshot 20200517 170926 Point Blur - Susi Pujiastuti Mantan Menteri Kelautan Geram illegal fishing di Indonesia

LENSA HUKUM

Indonesia Merupakan Negara Kepulauan Atau Negara Indonesia disebut Sebagai Negara Maritim dengan total luas Luas 7,81 juta km2 yang terdiri dari Daratan = 2,01 juta km2,Lautan = 3,25 juta km2 dan Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) =  2,55 juta km2. Hal ini Merupakan suatu Negara dengan luas perairan lebih besar dari pada luas daratan,Minggu (17/05/2020).

Pasalnya,Luas wilayah kelautan di Negara Indonesia melebihi dari daratan,itu yang membuktikan bahwa Indonesia memiliki kemewahan yang luar biasa dalam sektor kelautan. Meski begitu,mungkin banyak di antara kita yang belum menyadari akan kedahsyatan lautan kita. Dengan banyaknya Spesiel yang ada di Laut indonesia.

LensaHukum.co.id - Screenshot 20200517 210758 YouTube - Susi Pujiastuti Mantan Menteri Kelautan Geram illegal fishing di IndonesiaMenurut Mantan Menteri Kelautan Susi PujiAstuti  Saat siaran Langsung Melalui Istagram miliknya mengatakan, ” Sewaktu Saya menjadi Menteri Kelautan Kapal -kapal Penangkap Ikan itu bukan hanya menangkap ikan saja,melainkan juga menangkap Burung Kakak Tua,Trenggiling,Buaya Kulit Harimau dan masih banyak lagi. Waktu Saya Menjadi Menteri Kelautan Bagi Kapal – kapal Asing Yang Mencuri ikan di Laut kita,saya tidak banyak Kompromi Langsung Saya Eksekusi. Do you Want Eksekusi Or Not…??  Jangan buat Aturan – aturan Lagi dan Aturan tersebut sudah terlalu banyak,karena disana sudah ada untuk mengatasi itu semua. Ada Aparatur,Penegak Hukum,Regulatornya dan ada Diplomasinya semua ada dan kumplit tinggal mau atau tidaknya kita melakukan itu semua, ” Ungkapnya.

Peraturan Menteri Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia No.18/Permen-KP /2018,Tentang Jenis Komoditas Wajib Periksa Karantina Ikan,Mutu Dan Keamanan Hasil Perikanan. Telah Ditetapkan Oleh Menteri Kelautan Dan Perikanan Republik indonesia pada tanggal 12 Juni 2018 Oleh SUSI PUDJIASTUTI .

Telah di Undangkan di Jakarta Pada tanggal 26 Juli 2018,Oleh Dirjen Peraturan Perundang -Undangan Kementrian Dan Hak Asasi Manusia Republik indonesia,Widodo EkaJahjana  di dalam Berita Negara No.983 Tahun 2018.

Berikut ini beberapa jenis hewan laut yang menghuni lautan Indonesia yang luas :

LensaHukum.co.id - Screenshot 20200517 210422 YouTube - Susi Pujiastuti Mantan Menteri Kelautan Geram illegal fishing di Indonesia

  • Ikan laut => ikan laut di perairan Indonesia bukan hanya untuk konsumsi. Namun banyak pula yang dimanfaatkan sebagai ikan hias. Kecantikan dan keragaman bentuk serta warna ikan di laut menjadikan daya tarik tersendiri.
  • Penyu => inilah salah satu keragaman fauna laut Indonesia. Hewan laut dalam kelompok vertebrata ini ditemukan di hampir seluruh samudra di dunia. Jenisnya beragam,ada penyu hijau, penyu sisik,penyu lekang dan penyu belimbing.
  • Beragam kerang => hewan laut ini sangat melimpah di Indonesia. Spesies yang termasuk moluska ini ada yang dikonsumsi. Ada pula yang menjadi kerang penghasil mutiara.
  • Ubur-ubur => nama lainnya adalah Medusozoa,merupakan hewan laut menyengat. Ukurannya 2 hingga 40 cm. Meskipun indah,namun jangan sekali-kali menyentuhnya.
  • Paus => Hewan mamalia terbesar di dunia ini jumlahnya banyak sekali di lautan Indonesia. Jenis paus sangat beragam dengan ciri yang unik. Ada paus biru dan paus bungkuk yang ditemui di lautan.
  • Dan Masih banyak lagi Jenis Hewan -hean yang di Lindungi Oleh Pemerintah Negara Republik Indonesia.

LensaHukum.co.id - Screenshot 20200517 212418 Chrome - Susi Pujiastuti Mantan Menteri Kelautan Geram illegal fishing di IndonesiaPenjagaan kedaulatan laut dan penegakkan akan pencurian ikan ( illegal fishing ),tentu merupakan tugas berat yang ditanggung oleh Mentri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pujiastuti. Usaha dan kinerja yang dihasilkan terbukti pada penghargaan Peter Benchley Ocean Awards kategori kepemimpinan yang diberikan kepada Mentri Susi Pujiastuti Smithsonian,Washington DC,Amerika Serikat 11 Mei 2017 lalu.

Penghargaan ini merupakan penghargaan bidang maritim tertinggi dunia. Susi mendapatkannya atas visi dan kebijakan pembangunan ekonomi dan konservasi laut di Indonesia. Dalam penghargaan itu membuktikan bahwa kepemimpinan Mentri Susi Pujiastuti telah memberikan konstribusi yang sangat besar terhadap sektor Kelautan dan Perikanan Indonesia.

Hal ini Negara kita Sebenarnya Sudah Punya Semua Intrument itu dan tergantung Komiten dari pemerintah itu sendiri,Kemauan Untuk Bersama – sama Good Goverment dan harus bisa atau tidak tergantung dari kita bersama.

LensaHukum.co.id - Screenshot 20200517 202257 Chrome - Susi Pujiastuti Mantan Menteri Kelautan Geram illegal fishing di IndonesiaNegara kita Sudah terlalu banyak aturan dan hal itu tergantung Kita mau jalaninya atau tidak kita sebagai Negara berdaulat.

Adapun 3 Pilar Yang memang paling  Larang oleh tingkat Dunia yaitu :

– Kejahatan Terorime

– Kejahatan Manusia atau Perbudakan Hak Azasi Manusia.

– Kejahatan Lingkungan.

Pesan Mantan Menteri Kelautan Saat Siaran Langsung di Mesos Instagramnya, ” Saya berharap agar dalam Masa Wabah Pandemik Virus Corona Seperti ini jangan hanya Hang Out In Clound yang tidak Produftif mengunakan media Sosial yang Positif. Bagaimana kita hidup bernegara,bersosial dan Saling mendukung setiap hal -hal yang terjadi di Negara kita baik dari Govermentnya Dan Civil Society nya dan semua Stake Holder dari Negara,Aparatur Pemerintah,Masyarakatnya punya kewajiban dengan Saran,ilmu pengetahuan serta komentar kawan -kawan yang aktif di Mensos ayo kita sama -sama memerangi ilegal Fhising atau pencurian ikan oleh kapal -kapal Asingsemua bekerjasama sebagai negara yang memang sudah dinyatakan negara maju, ” Tegas,Susi Pujiastuti,Mantan Menteri Kelautan.

 

 

 

 

 

 

( SAM LUBIS )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - IMG 20200924 WA0011 - Dana Anggaran Pilkada 16 Milyar Saat Di Tanyakan Berapa Persen Ketua KPU Bangka Barat Pardi,SE " Belum Tahu "

Dana Anggaran Pilkada 16 Milyar Saat Di Tanyakan Berapa Persen Ketua KPU Bangka Barat Pardi,SE ” Belum Tahu “

  LENSA HUKUM MUNTOK – KABUPATEN BANGKA BARAT Lensahukum.co.id Pemerintahan Daerah Kabupaten Bangka Barat telah …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WARNING…. !

Kami Redaksi Media Lensa Hukum Menghimbau apabila Ada OKNUM yang mengatasnamakan Wartawan/Wartawati yang tidak terdaftar di Box Redaksi. Seluruh tindakan dan perbuatannya bukan bertanggung jawab kami. Cek Box Redaksi