Home / Sosial & Budaya / Warga Desa Setiadarma Heran Kadus Rw dan RT Tidak Dipilih Masyarakat Tetapi diTunjuk Kades
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Warga Desa Setiadarma Heran Kadus Rw dan RT Tidak Dipilih Masyarakat Tetapi diTunjuk Kades

 

LensaHukum.co.id - IMG 20200717 WA0029 - Warga Desa Setiadarma Heran Kadus Rw dan RT Tidak Dipilih Masyarakat Tetapi diTunjuk Kades

LENSA HUKUM

SETIADARMA – KABUPATEN BEKASI

Masyarakat dusun 1 keluhkan pemilihan RW Dan RT bahkan kepala dusun tanpa ada pemilihan dari warga mereka diduga di tunjuk langsung oleh kepala desa,Jumat (17/07/2020).

Dari keterangan beberapa warga dusun 1 dan dusun 2 desa setia darma angkat bicara terkait tidak adanya pemilihan kepala dusun dan RW., RT 1 sampai Rt 4 dan 2 RW.mereka diduga di tunjuk oleh kepala desa .pernah masyarakat datang kedesa minta ada pemilihan RT,RW dari pihak desa tidak tangapi.beberpa masyarakat inisial PM HR , CK .apakah bisa semuh di tunjuk tanpa ada pemilihan dari masyarakat .dan Rt juga masih keponakan Kades, ” Ucapnya.

Tim media mencoba komfirmasi lewat telpon kepada RW Agus dari keteragan RW Agus pemilihan RT ,RW dan Kadus tidak ada pemilihan jawab RW Agus “dan kalau Rw kebetulan meniggal langsung masyarakat secara hak leklamasi aja tidak pemilihan. Dan Kadus pun sama karna kan di sini desa bukan kelurahan jadi di tunjuk langsung karna desa sama kelurahan béda lah.ucap Rw.dan yang menunjuk Rt untuk RW dan penunjukan kadus silakan tanya ke Kades .dan benar. Pemilihan kadus,Rw,Rt benar bu Kades yang menunjuk langsung dan itu juga dari reklamasi kumpulan kumpulan orang juga dan masalah siapa kumpulan atau tokoh masyarakat yang memilih silakan tanya bu Kades, ” Ucap RW dan RW janji mau memenuhi janji untuk ketemu tim media akan tetapi whasap media semuh di blokirnya. Ada apa memblokir whatsapp media.

LensaHukum.co.id - IMG 20200717 WA0030 - Warga Desa Setiadarma Heran Kadus Rw dan RT Tidak Dipilih Masyarakat Tetapi diTunjuk KadesKepala dusun 1 ( Kadus ) bu Atiek saat di minta keterangan lewat telpon terkait tidak adanya pemilihan kadus, ” menjawab maaf saya lagi sibuk ada acara keluarga besok saya hubugi lagi. dan langsung memblokir whatsapp media.

Kepala desa setiadarma Tambun selatan Nunung Herawati saat di komfirmasi lewat whatsapp pada tanggal 15 /07/2020 tidak mau memberikan komentar terkait tidak ada pemilihan Kadus,Rw,Rt Whatsapp komfirmasi media hanya di baca saja.

Rukun Tetangga,untuk selanjutnya disingkat RT atau sebutan lainnya adalah lembaga yang dibentuk melalui musyawarah masyarakat setempat dalam rangka pelayanan pemerintahan dan kemasyarakatan yang ditetapkan oleh Pemerintah Desa atau Lurah.

Dasar Hukum Pemilihan Ketua RT Masa jabatan Ketua RT dan RW adalah sebuah hal yang kerap diabaikan dan dianggap tidak penting oleh masyarakat Indonesia.

Padahal sebenarnya kedudukan RT dan RW dalam sistem kemasyarakatan di Indonesia cukup penting mengingat mereka adalah ujung tombak yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Fungsinya adalah sebagai mitra pemerintah, dalam hal ini Desa dan Kelurahan dalam hal,seperti:
1.Pelayanan administrasi dan pendataan kependudukan.
2.Pemeliharaan keamanan,ketertiban dan kerukunan di sebuah wilayah dan
3.Menggerakkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat.
Oleh karena itulah maka Lembaga RT dan RW mendapatkan perhatian dan payung hukum tersendiri,yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) no 5 Tahun 2007.

Dalam Permendagri ini diatur berbagai hal yang terkait dengan pembentukan sebuah RT atau RW,termasuk tatacara pelaksanaan pemilihannya.

Secara hukum,RT atau Rukun Tetangga dan Rukun Warga didefinisikan sebagai sebuah Lembaga Kemasyarakatan yang dibentuk melalui musyawarah warga di sebuah daerah.

Secara umum, pengaturan tentang Rukun Tetangga (RT) dapat dilihat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa.

Tetapi pada peraturan ini tidak ada ketentuan mengenai prosedur pemilihan Ketua RT yang baru jika Ketua RT yang lama mengundurkan diri.

Mekanisme pemilihan Ketua RT yang baru jika yang lama mengundurkan diri ini di masing-masing daerah berbeda-beda.

 

 

 

( MARIAM / TIM )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - IMG 20200617 WA0004 - Para Marbot Desa Setiadarma Keluhkan Uang Insentif dari Desa Dan Pemda Tidak Pernah Dapat

Para Marbot Desa Setiadarma Keluhkan Uang Insentif dari Desa Dan Pemda Tidak Pernah Dapat

  LENSA HUKUM SETIADARMA – KABUPATEN BEKASI Pemkab Bekasi diminta mengakomodir para guru ngaji,imam masjid …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WARNING…. !

Kami Redaksi Media Lensa Hukum Menghimbau apabila Ada OKNUM yang mengatasnamakan Wartawan/Wartawati yang tidak terdaftar di Box Redaksi. Seluruh tindakan dan perbuatannya bukan bertanggung jawab kami. Cek Box Redaksi