Home / Nasional / Dinas Lingkungan Hidup Tutup Mata Terkait Pencemaran Sungai Oleh PT Pindodeli
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Dinas Lingkungan Hidup Tutup Mata Terkait Pencemaran Sungai Oleh PT Pindodeli

LensaHukum.co.id - IMG 20200708 WA0047 1 - Dinas Lingkungan Hidup Tutup Mata Terkait Pencemaran Sungai Oleh PT Pindodeli

LENSA HUKUM

KARAWANG 

Lensahukum.co.id

Pencemaran lingkungan adalah salah satu kejahatan yang tidak bisa di tolelir,karena akan berdampak patal bagi kelangsungan makhluk hidup di muka bumi.

Pencemaran lingkungan bisa terjadi karena ulah oknum,baik individu/perorangan atau badan usaha yang memproduksi bahan jadi atau setengah jadi.

Dengan maraknya pencemaran lingkungan yang terjadi salah satu nya limbah B3,yang di hasilkan dari sisa produksi yang saat ini banyak oknum perusahaan yang tidak bertanggung jawab yang membuang limbahnya di sembarang tempat dan sudah jelas di atur dalam undang undang No 32 Tahun 2009,Pasal 59 ayat (4) di pidana dengan penjara paling singkat 1(tahun) dan paling lama (tahun) dan denda paling sedikit 1 ( Milyar rupiah ) dan paling banyak 3 (Milyar rupiah).

PT.Pindodeli salah satu PT terbesar di Karawang yang memproduksi bahan kertas dan kedapatan limbah nya ikut mengalir di sungai wilayah yang melintasi beberpa Desa di Karawang.

” Sudah beberapa media menaikam pemberitaan tersebut akan tetapi sampai saat ini dinas DLH Karawang tidak ada tindakan untuk melakukan peneguran dan Sidak ke pt Pindodeli.padahal beberapa media ingin mengkawal saat dinas DLH Sidak apakah sesui dengan, ” Ucapan Humas PT PINDODELI.

Perusahaan mengakui kesalahan yaitu adanya kebocoran pada pipa sebelum limbah terolah jadi limbah terbuang ke warga sebelum terolah.

Perusahaan berindikasi ada Kesalahan Human Eror.Pencemaran Limbah Di Kali Cikereteg Akibat Kebocoran Pipa Dan Human Eror PT Pindodeli.

Pencemaran limbah di kali Cikreteg yang mengalir melalui beberapa Desa di antaranya,Desa Wanajaya,Wanakerta dan Citaman,Kecamatan Teluk Jambe Barat adalah dari kebocoran pipa saluran limbah dari PT.Pindodeli dan Human Eror.

Dadan selaku Humas PT.Pindodeli dan perwakilan menyatakan ” bahwa Perusahaan telah melaksanakan pembuangan Limbah sesuai aturan,yaitu sebelum limbah di buang sudah melalui uji lab dan dilengkapi dokument,akan tetapi kami juga mengakui kesalahan yaitu adanya kebocoran pada pipa sebelum limbah aman untuk di buang dan ini adalah kelalaian karyawan kami, ” Ucapnya.

Lanjut Dadan ” Kami akan memperbaiki kesalahan dan juga selalu terbuka kepada semua pihak untuk beraudiensi apabila dampak tersebut merugikan masyarakat dan kami mohon bisa di konfirmasi kepada pihak Dinas Lingkungan Hidup agar semua bersinergi, ” Pungkasnya.

PT.Pindodeli mengakui kesalahan dan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintahan setempat serta secara periodik telah memberikan bantuan berupa pengobatan gratis dan bantuan air untuk pertanian.

Tim media menginginkan transparasi publik agar pihak perusahaan memperlihatkan amdal dan ipal bahkan perizinan. Agar jelas dengan ucapan Humas adanya izin amadal dan ipal akan tetapi sampai saat ini belum ada pihak Humas perusahaan yang memberikan janji untuk memperlihatkan amdal dan ipal bahkan perizinan.

Ada nya dugaan dinas DLH anteng- anteng saja seakan tutup mata dengan kejadian perusahaan PT PINDODELI bujang limbah dan demo masyarakat yang berteriak .

 

 

 

( MARIAM / TIM )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - Screenshot 20201022 184718 KineMaster - Dinas Pariwisata Mengadakan Indie Music Festival Mencari Bintang

Dinas Pariwisata Mengadakan Indie Music Festival Mencari Bintang

  LENSA HUKUM KABUPATEN BEKASI Lensahukum.co.id Dinas pariwisata menagadakan festival musik mencari bintang diadakan di …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WARNING…. !

Kami Redaksi Media Lensa Hukum Menghimbau apabila Ada OKNUM yang mengatasnamakan Wartawan/Wartawati yang tidak terdaftar di Box Redaksi. Seluruh tindakan dan perbuatannya bukan bertanggung jawab kami. Cek Box Redaksi