Home / Nasional / Presiden Joko Widodo Luncurkan Bantuan Subsidi Upah Bagi Pekerja Berpenghasilan 5 Juta Ke Bawah Jakarta
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Presiden Joko Widodo Luncurkan Bantuan Subsidi Upah Bagi Pekerja Berpenghasilan 5 Juta Ke Bawah Jakarta

 

LensaHukum.co.id - IMG 20200828 WA0026 - Presiden Joko Widodo Luncurkan Bantuan Subsidi Upah Bagi Pekerja Berpenghasilan 5 Juta Ke Bawah Jakarta

LENSA HUKUM

JAKARTA

Lensahukum.co.id

Satu lagi program stimulus ekonomi yang diluncurkan pemerintah,hari ini. Program ini berupa Bantuan Subsidi Upah,tambahan gaji,bagi para pekerja yang terdampak pandemi Covid-19.

Bantuan subsidi upah/gaji (BSU) kepada pekerja/buruh bergaji di bawah Rp.5 juta senilai Rp600 ribu per bulan selama empat bulan di Istana Negara,Jakarta,Kamis (27/08/2020).

Pekerja yang menerima bantuan adalah pekerja penerima upah yang terdaftar sebagai peserta aktif program jaminan sosal ketenagakerjaan BPJS.

Bantuan yang diberikan pemerintah kali ini adalah uang sejumlah Rp2,4 juta untuk empat bulan,yang diberikan kepada 15,7 juta pekerja dengan pendapatan di bawah Rp.5 juta dan terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek).

LensaHukum.co.id - IMG 20200828 WA0025 - Presiden Joko Widodo Luncurkan Bantuan Subsidi Upah Bagi Pekerja Berpenghasilan 5 Juta Ke Bawah JakartaBantuan Subsidi Upah ini melengkapi sejumlah bantuan dan stimulus lain yang diberikan pemerintah kepada masyarakat. Di antaranya ialah Bantuan Sosial Tunai,BLT Desa,Bantuan Subsidi Listrik,Kartu Prakerja,Bantuan Sembako,hingga Banpres Produktif Usaha Mikro.

Penyaluran bantuan subsidi gaji/upah ini diberikan kepada pekerja/buruh sebesar Rp600 ribu per bulan selama 4 bulan dengan total sebesar Rp 2.400.000,-. Subsidi ini dicairkan dalam dua tahap, masing-masing tahap pencairan sebesar Rp 1.200.000,-. Adapun,rincian penyaluran bantuan subsidi upah/gaji di masing-masing bank penyalur dari total 2,5 juta penerima batch pertama yakni: rekening Bank Mandiri sebanyak 752.168 (tujuh ratus lima puluh dua ribu seratus enam puluh delapan) orang; rekening Bank BNI sebanyak 912.097 (sembilan ratus dua belas ribu sembilan puluh tujuh) orang; rekening Bank BRI sebanyak 622.113 (enam ratus dua puluh dua ribu seratus tiga belas) orang; dan rekening Bank BTN sebanyak 213.622 (dua ratus tiga belas ribu enam ratus dua puluh dua) orang.

Presiden Joko Widodo,dalam sambutannya mengatakan bahwa selama pandemi Covid-19,pemerintah telah memberikan berbagai bantuan mulai dari bantuan sosial tunai, BLT desa, sembako, Kartu Prakerja,subsidi listrik,hingga banpres produktif untuk UMKM. ” Hari ini kita lengkapi lagi yang namanya tambahan subsidi gaji. Totalnya 15,7 juta pekerja,diberikan Rp2,4 juta, ” Kata Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo menyatakan,pada peluncuran BSU tahap I ini ada 2,5 juta pekerja yang akan menerima bantuan subsidi. Berikutnya,transfer akan terus dilakukan secara bertahap hingga seluruh pekerja sebanyak 15,7 juta pekerja yang memenuhi syarat menerima bantuan ini.

” Ini diberikan sebagai sebuah penghargaan,reward kepada para pekerja dan perusahaan yang patuh selalu membayar iuran BPJS Ketengakerjaan, ” kata Presiden.

Presiden berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban para pekerja di tengah pandemi Covid-19, serta dapat menggeliatkan perekonomian nasional. “Diharapkan setelah BSU diberikan kepada pekerja, konsumsi rumah tangga naik”, tutup Presiden Joko Widodo.

 

 

 

 

 

( JARKONI )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - IMG 20200926 WA0023 - Presiden Joko Widodo Memastikan Program Perlindungan Sosial Telah Berjalan Baik

Presiden Joko Widodo Memastikan Program Perlindungan Sosial Telah Berjalan Baik

  LENSA HUKUM BOGOR Lensahukum.co.id Pandemi Covid-19 ini tidak hanya berdampak pada masyarakat kota,tapi juga …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WARNING…. !

Kami Redaksi Media Lensa Hukum Menghimbau apabila Ada OKNUM yang mengatasnamakan Wartawan/Wartawati yang tidak terdaftar di Box Redaksi. Seluruh tindakan dan perbuatannya bukan bertanggung jawab kami. Cek Box Redaksi