Home / Nasional / LSM Patroli Hukum ” LP3SU Laporkan Perambahan Hutan Lindung Di Dolok Sanggul
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

LSM Patroli Hukum ” LP3SU Laporkan Perambahan Hutan Lindung Di Dolok Sanggul

 

LensaHukum.co.id - IMG 20200909 WA0007 - LSM Patroli Hukum " LP3SU Laporkan Perambahan Hutan Lindung Di Dolok Sanggul

LENSA HUKUM

TAPANULI UTARA

Lensahukum.co.id

Oknum ES selaku Kepala Desa Dolok Sanggul Kecamatan Simangumban Kabupaten Tapanuli Utara yang diduga merambah hutan lindung di pegunungan Desa nya sendiri dilaporkan ke polisi kehutanan Provinsi Sumatera Utara,pada bulan Agustus,Rabu (09/09/2020).

” Pasalnya Kepala Desa tersebut hingga saat ini belum melengkapi dokumen Analisis mengenai dampak lingkungan hidup atau upaya pengelolaan lingkungan hidup dan upaya pemantauan lingkungan hidup.

” Tembusan surat juga disampaikan ke presiden RI, kementerian lingkungan hidup dan kehutanan RI,BNPB,Gubsu. Kadis lingkungan hidup dan kepala BNPB Taput, ” Ujar,Ketua LSM Lembaga Pemantauan dan Pengawasan Pembangunan Sumatera Utara Sahala Saragi yang juga sekretaris LSM Patroli Hukum didampingi rekanya kepada LensaHukum di kantor nya Selasa 08 September 2020.

Menurutnya,sesuai hasil investigasi team LSM – PERS yang sebelumnya atas laporan warga setempat Rasmi Ritonga bersama warga lainnya,diketahui hingga saat ini kepala Desa tersebut belum memiliki dokumen AMDAL atau UKL/UPL serta izin lingkungan sesuai dasar hukum peraturan menteri lingkungan hidup dan kehutanan No 97 menhut – 2/2014 tertanggal 24 Desember 2014 dalam hal penebangan dan pemanfaatan hasil hutan kayu.

” Sesuai dengan pengamatan LSM – PERS dilapangan,Kepala Desa itu juga tidak melakukan pemeliharaan jalan lintasan tranportasi pengangkutan kayu dan sudah hancur lebur terutama di sekitar Desa Dolok Sanggul,LSM mendesak agar Penegak Hukum memberikan sanksi tegas kepada pelaku sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

” Kepala Dinas Lingkungan Hidup Taput Heber Tambunan ketika dikonfirmasi diruang kerjanya mengaku baru mengetahui kejadian ini dan memang sama sekali belum memiliki dokumen sesuai peraturan permen KLHK,kami mengucapkan terima kasih kepada LSM – PERS yang menyampaikan informasi ini dan kami berjanji akan segera turun ke lokasi bersama Kepala bidang terkait, ” Ujarnya.

Sebelumnya ketika dikonfirmasi Kepala Desa ES mengaku ” Terus terang aja,memang saya yang merambah hutan dengan menggunakan alat berat milik Dinas PUPR Pemkab Taput ” sepelenya ES Kepada LSM – PERS, ” Menurut Sahala pelaku seharusnya terlebih dahulu melengkali dokumen yang dipersyaratkan wajib melapor ke KLHK.

Penggiat lingkungan hidup ini merincikan poin – poin yang harus dipenuhi perambah hutan seperti memperhatikan insprastruktur di sekitar desa seperti jalan rabat beton baru dibangun sudah hancur harus memperhatikan dampak krisis air sungai sekitar yang ada dilokasi tersebut maupun udara dan sebagainya.

” PihakPihak Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, Asep Selaku penyidik pelanggaran Pengrusakan hutan ketika dikonfirmasi melalui seluler nya,ketika dipertanyakan perkembangan kasus Perambahan hutan lindung Desa Dolok Sanggul dijawabnya, ” Kadis sudah memerintahkan KPH terkait bersama seksinya agar segera turun ke lokasi untuk menindak pelaku.

 

 

 

 

 

( ALAIN DELON )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - IMG 20200924 WA0011 - Dana Anggaran Pilkada 16 Milyar Saat Di Tanyakan Berapa Persen Ketua KPU Bangka Barat Pardi,SE " Belum Tahu "

Dana Anggaran Pilkada 16 Milyar Saat Di Tanyakan Berapa Persen Ketua KPU Bangka Barat Pardi,SE ” Belum Tahu “

  LENSA HUKUM MUNTOK – KABUPATEN BANGKA BARAT Lensahukum.co.id Pemerintahan Daerah Kabupaten Bangka Barat telah …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WARNING…. !

Kami Redaksi Media Lensa Hukum Menghimbau apabila Ada OKNUM yang mengatasnamakan Wartawan/Wartawati yang tidak terdaftar di Box Redaksi. Seluruh tindakan dan perbuatannya bukan bertanggung jawab kami. Cek Box Redaksi