Home / Nasional / Serikat Buruh Lakukan Aksi Mogok Nasional Tolak UU Cipta kerja (Omnibuslaw) di Kabupaten Bekasi
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Serikat Buruh Lakukan Aksi Mogok Nasional Tolak UU Cipta kerja (Omnibuslaw) di Kabupaten Bekasi

 

LensaHukum.co.id - Screenshot 20201008 151329 KineMaster - Serikat Buruh Lakukan Aksi Mogok Nasional Tolak UU Cipta kerja (Omnibuslaw) di Kabupaten Bekasi

LENSA HUKUM

KABUPATEN BEKASI

Lensahukum.co.id

Demo Buruh yang diadakan selama 3 hari mulai hari Selasa pertanggal 6 hingga Kamis 8 Oktober,melibatkan dari beberapa federasi dan konfederasi serikat buruh.

Mogok nasional dan demo buruh ini pun sudah dilakukan oleh sekitar ratusan hingga ribuan pekerja dari berbagai sektor Industri.

Adapun serikat buruh yang tergabung dari Industri seperti Kimia,Energi,Pertambangan,Tekstil, LGarmen,Sepatu,Otomotif dan Komponen, Elektronik dan Industri besi serta Baja,Farmasi dan Kesehatan,Percetakan dan Penerbitan,Industri Pariwisata,Industri Semen,Telekomunikasi,Pekerja Transportasi,Pekerja Pelabuhan,Logistik,Perbankan dan lain-lain akan melakukan aksinya di seluruh indonesia.

LensaHukum.co.id - Screenshot 20201008 151105 WhatsApp - Serikat Buruh Lakukan Aksi Mogok Nasional Tolak UU Cipta kerja (Omnibuslaw) di Kabupaten BekasiDikutip dari laman Google Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal angkat bicara menerangkan, ” Aksi mogok nasional,dilakukan sebagai bentuk protes terhadap RUU Cipta Kerja yang di sahkan menjadi Undang-Undang kemarin,Senin 5 Oktober 2020.

Dasar hukum untuk melakukan mogok nasional yang di lakukan tertera dalam Undang-undang No 39 tahun 1999,Tentang HAM serta dalam UU No.12 tahun 2005 tentang pengesahan Kovenan Internasional tentang Hak Sipil dan Politik, ” Pungkasnya.

Adapun tuntutan para buruh terhadap UU Cipta Kerja yang terlalu terburu-buru pada masa pandemi ini,yakni :
Pertama,untuk menolak penghapusan Upah Minimum Sektoral (UMSK) dan pemberlakuan Upah Minimum Kabupaten/Kota bersyarat.

LensaHukum.co.id - Screenshot 20201008 151300 KineMaster - Serikat Buruh Lakukan Aksi Mogok Nasional Tolak UU Cipta kerja (Omnibuslaw) di Kabupaten BekasiSalah Satu Pendemo saat di Wawancari Mrdia Lensa Hukum,Mengatakan ” Tujuan konvoi aksi demo buruh ini kali ini yang pertama nantinya akan mengajukan beberapa petisi untuk membatalkan UU cipta kerja yang merugikan serikat buruh dengan masa depan nantinya.

Sambung,Kedua,Menolak pengurangan nilai pesangon,dari 32 bulan upah menjadi 25 bulan. Pesangon senilai 19 bulan upah dibayar pengusaha,sedangkan 6 bulan dibayar BPJS Ketenagakerjaan.

Lanjut,Ketiga,adalah Menolak Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) yang bisa terus diperpanjang alias kontrak seumur hidup. Keempat,adalah Menolak Outsourcing pekerja seumur hidup tanpa batasan jenis pekerjaan. Kelima,adalah Menolak jam kerja yang eksploitatif. Keenam,adalah menuntut kembalinya hak cuti dan hak upah atas cuti. Termasuk cuti haid dan cuti panjang. Terakhir adalah karena karyawan kontrak dan outsourcing bisa berlaku seumur hidup, maka buruh menuntut jaminan pensiun dan kesehatan bagi karyawan kontrak dan outsourcing, ” Ucap,Tri.

LensaHukum.co.id - Screenshot 20201008 161237 Video Player - Serikat Buruh Lakukan Aksi Mogok Nasional Tolak UU Cipta kerja (Omnibuslaw) di Kabupaten BekasiPihak Dari Polres Kabupaten Bekasi Diturunkan,untuk menjaga keamanan dan ketentraman dari para Pendemo aksi Buruh Kali ini.

 

Beberapa tuntutan dengan orasi bersama serikat buruh sekabupaten dan kota Bekasi penolakan Omnibuslaw UU Cipta Kerja ke kantor pemda kabupaten Bekasi dan berlangsung dari pagi juga menuju kota Bekasi akan melakukan hal yang sama,agar serikat buruh tidak menjadi budak di negeri sendiri dan untuk itu harapan kedepannya pemerintah dan anggota DPR bisa mengevaluasi agar mendengar suara rakyat dari pekerja buruh,” Ujarnya.

 

 

 

 

( MARULI )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - Screenshot 20201028 152916 KineMaster - Kapolres Pimpin Acara Sertijab Kapolsek di Wilayah Hukum Sumenep Madura

Kapolres Pimpin Acara Sertijab Kapolsek di Wilayah Hukum Sumenep Madura

  LENSA HUKUM SUMENEP – MADURA Lensahukum.co.id Kepolisian Resort (Polres) Sumenep,Madura,menggelar upacara serah terima jabatan …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WARNING…. !

Kami Redaksi Media Lensa Hukum Menghimbau apabila Ada OKNUM yang mengatasnamakan Wartawan/Wartawati yang tidak terdaftar di Box Redaksi. Seluruh tindakan dan perbuatannya bukan bertanggung jawab kami. Cek Box Redaksi