Home / Nasional / Aksi Demo Mahasiswa di PT. Garam Kalianget Sumenep Madura
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Aksi Demo Mahasiswa di PT. Garam Kalianget Sumenep Madura

 

LensaHukum.co.id - Screenshot 20201014 222449 KineMaster - Aksi Demo Mahasiswa di PT. Garam Kalianget Sumenep Madura

LENSA HUKUM

SUMENEP MADURA

Lensahukum.co.id

Seperti yang telah kita ketahui bersama aksi demo terjadi dimana – mana menolak disahkannya UU Omnibus Law / UU Cipta Kerja oleh DPR RI,Senin (05 Oktober 2020).

Pasalnya,Begitu pula di Kabupaten Sumenep,tidak mau ketinggalan moment tersebut beberapa Mahasiswa yang bergabung di bawah bendera PMII ( Pergerakan Mahasiswa Nasional Indonesia ) dan GMNI ( Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia ) ambil bagian melakukan aksi demo di Kantor PT. Garam ( BUMN ) Kalianget,Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa – Timur, Senin (12 Oktober 2020 ).

Dalam pantauan Awak Media Lensa Hukum nampak beberapa Petugas keamanan dari Polres Sumenep dan Kodim 0827 Sumenep serta petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran siaga bersama unit Mobil pemadamnya.

LensaHukum.co.id - Screenshot 20201014 222530 KineMaster - Aksi Demo Mahasiswa di PT. Garam Kalianget Sumenep MaduraAksi Demo dimulai sekira Pukul. 09.00 sampai 12.00 WIB. Seperti apa yang disampaikan oleh Oratornya saat berorasi dipanggung aksi tersebut, para Mahasiswa hanya menyampaikan aspirasi Masyarakat dan mengajukan beberapa tuntutan dalam hal ini adalah para kaum buruh utamanya buruh kerja PT. GARAM.

Para Mahasiswa meminta agar Pimpinan Perusahaan PT. Garam yaitu Direkturnya untuk hadir menemuinya,namun permintaan itu tidak bisa dipenuhi karena Direktur PT. Garam saat itu ada diluar kota.

Selanjutnya dari Pihak PT. Garam meminta agar perwakilan dari Mahasiswa untuk melakukan Audensi di Kantor tapi hal itu tidak diterima,bahkan untuk melampiaskan kekecewaannya para Mahasiswa sempat membentuk formasi lingkaran untuk membakar ban mobil bekas,bahkan sang orator mengancam akan melakukan aksi yang lebih besar kalau Sang Direktur tidak mau menemuinya.

Ada beberapa tuntutan yang harus disepakati oleh pihak PT. Garam, yaitu :
1. Status kontrak kerja bagi pekerja harus diperjelas serta menjamin hak – haknya.
2. Memberikan perlindungan kerja serta keselamatan kerja dan Gardu dilapangan.
3. Tidak memutus hubungan kerja sepihak.
4. Menetapkan upah Pekerja sesuai UMK.

Sekitar Pukul 11.30 WIB Pihak PT. Garam yang diwakili oleh Widi selaku GM ( Generial Manajer ) naik ke Panggung aksi demo untuk menyepakati tuntutan para demonstran dengan menanda tangani surat pernyataan tuntutan tersebut.

LensaHukum.co.id - Screenshot 20201014 222548 KineMaster - Aksi Demo Mahasiswa di PT. Garam Kalianget Sumenep MaduraSelanjutnya para demonstran sekitar Pukul 12.00 WIB mulai bergerak ke arah kota (Barat) meninggalkan Kantor PT. Garam.

Ditempat terpisah Awak Media mengkonfirmasi Perwakilan PT.Garam pihak Humas Miftah,dalam keterangannya,menjelaskan bahwa dalam Surat pemberitahuan aksi demo yang dia terima tidak dijelaskan tuntutan seperti apa yang diminta Mahasiswa saat demo berlangsung dan masalah upah buruh sudah sesuai UMK.

Miftah juga berharap tidak perlu ada demo karena menurutnya demo itu adalah solusi terakhir ketika tidak ada cara lain,bahkan akan lebih baik bila dilakukan Audensi.

 

 

 

 

( BAMBANG )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - Screenshot 20201028 135556 KineMaster - Wakil Presiden KH.Ma’ruf Amin  Momentun Indonesia Bersatu dan Bangkit

Wakil Presiden KH.Ma’ruf Amin Momentun Indonesia Bersatu dan Bangkit

  LENSA HUKUM JAKARTA Lensahukum.co.id Di tengah suasana sulit yang menimpa bangsa Indonesia saat ini …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WARNING…. !

Kami Redaksi Media Lensa Hukum Menghimbau apabila Ada OKNUM yang mengatasnamakan Wartawan/Wartawati yang tidak terdaftar di Box Redaksi. Seluruh tindakan dan perbuatannya bukan bertanggung jawab kami. Cek Box Redaksi