Home / Nasional / Dinas Pariwisata Mengadakan Gelar Festival Batik Kabupaten Bekasi 2020
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Dinas Pariwisata Mengadakan Gelar Festival Batik Kabupaten Bekasi 2020

 

LensaHukum.co.id - Screenshot 20201022 173917 KineMaster 1 - Dinas Pariwisata Mengadakan Gelar Festival Batik Kabupaten Bekasi 2020

LENSA HUKUM

KABUPATEN BEKASI

Lensahukum.co.id

Acara Pestival Batik Kabupaten Bekasi Di adakan oleh Dinad Pariwisata (Dispar) dan dibuka oleh Bupati Bekasi H.Eka Supria Atmaja. Bertempat di gedung Graha Pariwisata
Cikarang timur,(23/09/2020).

Bupati Eka Supria Atmaja mengatakan pada saat membuka virtualFestival Batik Bekasi 2020,yang diadakan di Gedung Graha Pariwisata, bahwasanya Membatik merupakan salah satu pembentukan karakter karena mengandung nilai kesabaran,ketelitian dan kreativitas.

Bupati meyakini,kegiatan seperti ini tidak hanya seremonial,namun dapat dijadikan momentum untuk optimalisasi dan peningkatan kreativitas masyarakat dalam daya saing sektor kebudayaan.
Saya percaya bahwa kegiatan seperti ini tidak hanya satu rangkaian kegiatan seremonial belaka,lebih dari itu,event seperti ini setidaknya dapat dijadikan momentum untuk mengoptimalisasi dan meningkatkan kreativitas dalam mendesain dan mencanting batik pada masyarakat,untuk meningkatkan daya saing sub sektor kebudayaan di Kabupaten Bekasi, ” Tuturnya.

LensaHukum.co.id - Screenshot 20201022 174000 KineMaster - Dinas Pariwisata Mengadakan Gelar Festival Batik Kabupaten Bekasi 2020Bupati juga berharap,agar masyarakat dapat melestarikan dan menjaga warisan budaya Batik Bekasi.

“ Saya berharap kita semua selain mampu menjaga warisan budaya batik,juga dapat mempromosikan budaya batik khas Kabupaten Bekasi kepada seluruh masyarakat yang ada di lingkungan kita, ” Ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata,Encep S.Jaya mengatakan, festival tersebut diadakan selama dua hari yakni 23-24 September 2020,meliputi penyelenggaraan pameran Batik Bekasi dari UMKM binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi,serta Lomba Desain Batik dan Lomba Mencanting Batik.
“ Untuk Lomba Desain diikuti oleh 13 orang, sedangkan Lomba Mencanting Batik yang diikuti oleh 36 orang.

Peserta yang mengikuti lomba tidak hanya dari masyarakat Kabupaten Bekasi, tetapi juga terbuka untuk masyarakat luar Kabupaten Bekasi. Kita harapkan Batik Bekasi pamornya tidak hanya di dalam Kabupaten Bekasi,tetapi dapat mem-booming hingga luar Kabupaten Bekasi, ”  Katanya.
Sugih,salah satu pelaku UMKM yang mengikuti Festival Batik kali ini berharap festival ini dapat menjadikan masyarakat gemar memakai batik khas Kabupaten Bekasi.

“ Mudah-mudahan ini menjadi peluang dan membuat masyarakat gemar memakai batik khas Kabupaten Bekasi, ” Harapnya.
Pembukaan festival tersebut diawali dengan pembacaan doa dan Tari Kreasi Sunda Bekasi dari Sanggar Stela Project.

Terpisah,Dewan Pembina Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Barisan Rakyat Bersatu (BARATU) Alex Santoso mengapresiasi kegiatan Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi yang mengangkat kearifan lokal walaupun dalam kondisi pandemi.

“ Ini perlu di contoh yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata walaupun kondisi pandemi covid-19, ” Tuturnya. Dirinya menjelaskan,dengan keadaan pademi Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata mampu berbuat terobosan-trobosan untuk mendongkrak pengrajin batik di wilayah Kabupaten Bekasi.

” Ini patut mendapat apresiasi sehingga ekonomi diharapkan bisa bangkit kembali biarpun pangsa pasar menurun akibat pademi,” katanya.
Dirinya berharap,Dengan adanya Festival ini bisa membantu para pengrajin batik untuk semakin menyebarkan kearifan lokal Kabupaten Bekasi ke daerah luar.
“ Yang terpenting momen kegiatan ini tetap melaksanakan protokoler kesehatan, ” Tandasnya.

 

( MARIAM )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - Screenshot 20210118 155009 Gallery - Ketua Umum Laskar Dewa Dukung Komjen Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri

Ketua Umum Laskar Dewa Dukung Komjen Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri

  LENSA HUKUM KABUPATEN BOGOR Lensahukum.co.id Lensa hukum Ketua Umum Ormas Laskar Demokrasi Warga (Laskar …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WARNING…. !

Kami Redaksi Media Lensa Hukum Menghimbau apabila Ada OKNUM yang mengatasnamakan Wartawan/Wartawati yang tidak terdaftar di Box Redaksi. Seluruh tindakan dan perbuatannya bukan bertanggung jawab kami. Cek Box Redaksi