Home / Sosial & Budaya / 3 Hal Bisa Dilakukan Ketika Peringatan Tsunami Sudah Diberikan
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

3 Hal Bisa Dilakukan Ketika Peringatan Tsunami Sudah Diberikan

LensaHukum.co.id - 3. BENCANA ALAM DI INDONESIA2 - 3 Hal Bisa Dilakukan Ketika Peringatan Tsunami Sudah Diberikan

LENSA HUKUM – Tsunami adalah ancaman yang saat ini menjadi perhatian serius bagi Indonesia terlebih lagi karena Indonesia sendiri berada pada lingkaran gunung berapi dan juga menjadi lempeng pertemuan benua yang membuatnya menjadi lokasi yang cukup rawan terjadi gempa tsunami. Untuk itu setiap warga terutama yang tinggal di dekat pantai harus tahu persiapan bencana (mitigasi) apa saja yang harus dilakukan ketika peringatan akan terjadinya tsunami sudah diberikan.

Sebelumnya mungkin masyarakat masih belum cukup familiar dengan hal ini. Dengan adanya beberapa peringatan yang diberikan tersebut, maka masyarakat juga harus semakin peka terhadap beberapa hal yang mungkin timbul karena terjadinya gempa tersebut. Hal ini harus mulai menjadi perhatian bagi setiap masyarakat yang tinggal berdekatan dengan lokasi yang rawan terjadi tsunami misalnya di dekat pantai atau laut.

Apa Saja Yang Harus Dilakukan?

Hal pertama yang harus dilakukan ketika peringatan akan terjadinya tsunami sudah diberikan adalah untuk segera meninggalkan rumah. Anda bisa langsung mencari pintu terdekat ketika berada di rumah. Selain itu jika Anda tinggal bersama dengan lansia, maka sebaiknya Anda menempatkan keluarga yang sudah berusia lanjut tersebut untuk menempati kamar yang paling luar. Hal ini harus dilakukan agar keluarga Anda bisa dengan cepat mendapatkan pertolongan atau keluar dari rumah untuk dievakuasi. Selain untuk memudahkan Anda, hal ini juga akan memudahkan kru penyelamat membantu Anda untuk melakukan evakuasi.

Hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah untuk mulai mempersiapkan tas evakuasi. Seperti namanya, tas ini nantinya akan berguna ketika Anda harus melakukan evakuasi ketika terjadi bencana gempa tsunami. Lalu mengapa tas ini sangat penting? Tas ini nantinya akan Anda gunakan untuk mengisi beberapa barang yang akan berguna dalam kondisi darurat namun juga tidak akan menyulitkan Anda ketika Anda harus melakukan evakuasi. Sebagai contoh, Anda bisa mengisi tas tersebut dengan pakaian secukupnya, minuman, makanan, radio, baterai cadangan dan juga kotak obat untuk kondisi darurat yang akan membutuhkan pertolongan pertama. Selain itu Anda juga akan membutuhkan map plastik yang tahan air untuk membawa beberapa dokumen seperti kartu identitas dan dokumen penting lainnya. Anda juga bisa membawa korek api, lilin dan juga senter.

LensaHukum.co.id - 3. BENCANA ALAM DI INDONESIA1 - 3 Hal Bisa Dilakukan Ketika Peringatan Tsunami Sudah Diberikan

Anda juga harus mempertimbangkan Hal Ketiga yang juga harus Anda ketahui jika terjadi peringatan bencana gempa tsunami. salah satunya adalah untuk mulai bersinergi dengan pemerintah atau setidaknya masyarakat setempat untuk membuat rambu-rambu yang akan membantu Anda ketika Anda melakukan evakuasi bersama beberapa masyarakat lainnya. Dengan adanya rambu tersebut, maka Anda dan masyarakat lainnya bisa dengan mudah mengikuti rambu tersebut menuju ke tempat evakuasi yang telah ditentukan sebelumnya. Beberapa cara tersebut di atas akan sangat membantu Anda untuk bisa melakukan mitigasi dengan baik dan mencegah jatuhnya korban yang lebih banyak lagi. (Red)

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - Screenshot 20220107 110613 WhatsApp 310x165 - Ketua Karang Taruna Kabupaten Bekasi Angka Bicara Terkait Viral Pungutan Parkiran

Ketua Karang Taruna Kabupaten Bekasi Angka Bicara Terkait Viral Pungutan Parkiran

  LENSA HUKUM JAYAMUKTI – KABUPATEN BEKASI Lensahukum.co.id Viral nya Video pungutan liar yang di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.