Home / Nasional / Kepala Desa Bersama Istri Tantang Wartawan Terkait Pemberitaan
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Kepala Desa Bersama Istri Tantang Wartawan Terkait Pemberitaan

 

LensaHukum.co.id - Screenshot 20201127 084329 KineMaster - Kepala Desa Bersama Istri Tantang Wartawan Terkait Pemberitaan

LENSA HUKUM

TAPANULI UTARA

Lensahukum.co.id

Oknum Kepala Desa Siandorandor Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara Sanggam Hutapea kompak bersama istri nya Erlina terkesan mengancam wartawan dengan nada menantang terkait pemberitaan mengenai dugaan pengaspalan yang tidak sesuai bestek,Kamis (26/11/2020).

Pasalnya,Tantangan ini dilakukan Kepala Desa bersama istri nya melalui pesan koment Panjang di fostingan berita Media online LensaHukum “datang aja kau ke Desa supaya kita periksa yang rusak itu” kata kepala Desa langsung disambung istri “kapan anda datang ke lokasi proyek, jangan asal diberitakan ya..! ” Tantangnya.

LensaHukum.co.id - Screenshot 20201127 084354 KineMaster - Kepala Desa Bersama Istri Tantang Wartawan Terkait PemberitaanMedia Lensa Hukum menerima laporan dari warga setempat adanya proyek Dana Desa peningkatan pengaspalan jalan Simaninggir – Siandorandor model terpotong – potong besarnya nilai kegiatan Rp 491,937,964 dengan penanggung jawabnya Sanggam Hutapea pelaksana kegiatan Trisno Tupang.
Dilokasi ditemukan dugaan proyek tidak sesuai bestek besarnya anggaran tersebut sudah selayaknya mampu mengaspal sepanjang jalan antar dusun begitu juga lebar dan ketebalan bahkan spesifikasi material jenis batu,aspal dan pasir layak dipertanyakan apakah sesuai RAB..?.

Ketua Lembaga Pemantauan Pengawasan Pembangunan Sumatera Utara (LP3SU), Sahala Saragi mengecam tindakan yang dilakukan Kepala Desa Siandorandor Sanggam Hutapea bersama istrinya,menurutnya sesuai UU No 40 Tahun 1999 tentang PERS pasal 4 menyebutkan,menjamin kemerdekaan Pers dan memiliki hak mencari,memperoleh dan menyebar luaskan gagasan informasi.

Undang – undang KIP, atau UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan pertama, hak setiap orang untuk memperoleh Informasi ; kedua, kewajiban Badan Publik menyediakan dan melayani permintaan Informasi secara cepat,tepat waktu,biaya ringan / proporsional dan cara sederhana ; ketiga, pengecualian bersifat ketat dan terbatas; keempat, kewajiban Badan Publik untuk mernbenahi sistem dokumentasi dan pelayanan Informasi.

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menegaskan sebagaimana dalam Pasal 28 F  ” Undang – Undang Dasar Negara Republik indonesia Tahun 1945  ” yang menyebutkan bahwa setiap Orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh Informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, dan menyimpan Informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

Oleh karena itu dengan adanya penentangan terhadap wartawan telah melanggar kebebasan Pers “seharusnya para Kepala Desa mengetahui apa yang harus dilakukan jika menjadi obyek pemberitaan,ada hak yang diberikan untuk meluruskan pemberitaan bukan harus pakai tantangan segala bersama istri lagi, ” Terang, Sahala.

Kepala Desa harus transparan,rekan Wartawan yang mangkal di warkop tanggul Aek Sigeaon Tarutung menilai terjadinya bentuk pengancaman, intimidasi dan kekerasan yang dilakukan Kepala Desa bersama istri terhadap wartawan disebabkan tidak siapnya para Kepala Desa menyongsong era keterbukaan informasi publik sebagai wujud good governance

Seharusnya para pemangku kepentingan harus memberikan informasi secara transparan tentang berbagai program baik melalui media massa maupun media online,hal ini dilakukan agar tidak terseret kedalaman konflik informasi yang mengarah pada masalah hukum, ” Kata,wartawan.

 

 

 

 

( ALAIN DELON )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - IMG 20210125 WA0082 - Cegah Klaster Baru Covid 19,Timsus Sasar Tempat Hiburan Malam di Bekasi

Cegah Klaster Baru Covid 19,Timsus Sasar Tempat Hiburan Malam di Bekasi

  LENSA HUKUM KABUPATEN BEKASI Lensahukum.co.id Tim khusus (Timsus) gabungan dari Satres Narkoba Polres Metro …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

open

WARNING…. !

Kami Redaksi Media Lensa Hukum Menghimbau apabila Ada OKNUM yang mengatasnamakan Wartawan/Wartawati yang tidak terdaftar di Box Redaksi. Seluruh tindakan dan perbuatannya bukan bertanggung jawab kami. Cek Box Redaksi