Home / Uncategorized / Ditreskrimsus Polda Metro Tangkap Pelaku Penyebar Video SARA di Media Sosial
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Ditreskrimsus Polda Metro Tangkap Pelaku Penyebar Video SARA di Media Sosial

 

LensaHukum.co.id - Screenshot 20201205 075510 WhatsApp - Ditreskrimsus Polda Metro Tangkap Pelaku Penyebar Video SARA di Media Sosial

LENSA HUKUM

JAKARTA

Lensahukum.co.id

Subdit IV Tipid Siber Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya berhasil mengungkap dan menangkap pelaku tindak pidana penyebaran video yang bermuatan SARA melalui melalui media elektronik, di Rawa Badung RT 06, RW 013, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung,Jakarta Timur,Kamis (03/12/2020).

Pasalnya,Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus didamping Kasubdit IV Tipid Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Dhany Aryanda dan Kanit 1 Tipid Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Kompol I Made Redy menyampaikan bahwa pelaku yang diamankan adalah pemilik akun Instagram @hashophasan inisial H (32 tahun).

“ Kami telah mengamankan pelaku yang membuat video bermuatan SARA dan videonya viral di media sosial dengan isi video suara azan yang dirubah pada kalimat “ Hayyaallah sholah ” di ganti dengan “ Hayyaallah Jihad ” dengan disertakan kalimat seruan untuk melakukan aksi Jihad diantaranya “ Allahu Akbar panggilan Jihad dimana-mana sudah berkumandang ”, ” Kata Yusri saat konferensi pers di Mapolda Metro Jaya.

Dalam penangkapan tersebut polisi juga mengamankan barang bukti berupa Handphone merk vivo V11pro warna biru,Samsung flip warna putih, dan akun Instagram @hashophasan.

“ Pelaku yang tergabung ke dalam group Whatsapp FMCO News (Forum Muslim Cyber One) dimana didalamnya terdapat unggahan video tersebut, setelah pelaku mendapatkan video tersebut kemudian pelaku mengunggahnya ke akun Instagram @hashophasan milik pelaku pada tanggal 29 November 2020, pukul 22:19:54 WIB, memposting 4 video dengan narasi ”Ust alghifary banten, ponpes hbb bahar, pasuruan dan wilayah lain Semua #seruan #jihad #muslim ”, ” Jelasnya.

Lanjutnya,Ketika video tersebut didengar oleh orang dan masyarakat Indonesia dapat menimbulkan kegaduhan dan provokasi seolah-olah Indonesia saat ini sedang berjihad/bertarung melawan musuh.

“ Atas kejadian tersebut pelapor sebagai umat Islam dan sebagai Warga Negara Indonesia merasa di rugikan. Dan akhirnya melaporkan ke Polda Metro Jaya, ”  Terangnya.

Pelaku kini ditahan di Mapolda Metro Jaya dan dikenakan Pasal 28 ayat 2 Jo Pasal 45A ayat 2 UU No.19 Tahun 2016 dan Pasal 156a KUHP juga Pasal 160 KUHP dengan ancaman hukuman 20 Tahun Penjara.

 

 

 

 

 

( HONGKY ALEXANDER )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - Screenshot 20201207 095807 WhatsApp - Kadispar Kabupaten Bekasi Angkat Bicarat Terkait Korban Tarumajaya Bumdes Sebagai Pengelola Tanggung Jawab

Kadispar Kabupaten Bekasi Angkat Bicarat Terkait Korban Tarumajaya Bumdes Sebagai Pengelola Tanggung Jawab

  LENSA HUKUM KABUPATEN BEKASI Lensahukum.co.id Perahu pariwisata di Desa Samudra Jaya,Kecamatan Tarumajaya,Kabupaten Bekasi,Mengalami Musibah …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

open

WARNING…. !

Kami Redaksi Media Lensa Hukum Menghimbau apabila Ada OKNUM yang mengatasnamakan Wartawan/Wartawati yang tidak terdaftar di Box Redaksi. Seluruh tindakan dan perbuatannya bukan bertanggung jawab kami. Cek Box Redaksi