Home / Nasional / Proyek Jembatan Gantung untuk Akses Sekolah Anak
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Proyek Jembatan Gantung untuk Akses Sekolah Anak

LensaHukum.co.id - AKSES SEKOLAH 3. Jembatan Gantung untuk Akses Sekolah Anak. 1 - Proyek Jembatan Gantung untuk Akses Sekolah Anak

LENSA HUKUM – Proyek pembangunan jembatan gantung merupakan salah satu proyek pembangunan yang diimpikan oleh pemerintahan tahun 2014-2019 ini. Apa saja memang manfaatnya?

Manfaat jembatan gantung bagi pemerintah

Jembatan gantung merupakan salah satu proyek yang besar yang dicanangkan oleh pemerintah periode ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan konektivitas tiap desa-desa di seluruh Indonesia. Dengan pembangunan penghubungan antar daerah yang makin banyak membuat akses kegiatan ekonomi antara desa makin kuat. Hal ini merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh pemerintah untuk menguatkan ekonomi masyarakat dari lapisan yang paling rendah yaitu kegiatan ekonomi antar individu.

Selain itu, pembangunan jembatan gantung di daerah-daerah yang terpencil akan membuat akses pendidikan anak-anak sekolah menjadi lebih murah. Dahulu jika anak-anak terpencil berangkat sekolah dengan mengarungi sungai saat ini sudah makin sedikit kegiatan ini dilakukan. Hal ini disebabkan karena akses untuk berangkat sekolah dengan menggunakan jembatan gantung membuatnya menjadi lebih mudah. Dengan pembangunan ini, maka angka buta huruf di kalangan pedesaan menjadi makin kecil. Hal ini memang merupakan hal yang sangat penting mengingat anak-anak baik itu yang di desa maupun di kota merupakan masa depan bangsa.

Bagi masyarakat

 

Bagi masyarakat kehadiran jembatan gantung ini merupakan salah satu sarana yang sangat membantu. Hal ini menyebabkan kegiatan-kegiatan ekonomi menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Artinya apa? Artinya kesejahteraan tiap individu menjadi lebih mudah untuk dicapai dan kesejahteraan masyarakat menjadi lebih mudah untuk didapatkan. Bagi masyarakat pedesaan pengangkutan hasil panen menjadi lebih mudah dengan adanya jembatan-jembatan. Selain itu kegiatan ekonomi lain juga lebih mudah dan lebih menguntungkan. Tenaga dapat lebih banyak tersimpan dan tentunya rasa diperhatikan oleh pemerintah makin besar.

Selain itu, anak-anak yang tadinya bersekolah dengan melalui area-area berbahaya juga makin sedikit sehingga orang tua tidak perlu khawatir lagi ketika anaknya masuk sekolah. Lebih dekat lebih aman. Hal ini membuat masyarakat juga lebih bahagia.

Hasil pembangunan jembatan gantung pada tahun 2018

LensaHukum.co.id - AKSES SEKOLAH 3. Jembatan Gantung untuk Akses Sekolah Anak. 2 - Proyek Jembatan Gantung untuk Akses Sekolah Anak

Lalu berapa banyak hasil jembatan gantung telah dibangun oleh pemerintah? Untuk tahun 2018 ini, pemerintah telah melakukan pembangunan jembatan gantung dengan jumlah 134 jembatan yang dengan panjang 42 hingga 120 meter. Pembangunan ini dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia secara merata. Di bulan November, pemerintah memiliki target untuk merampungkan 50 unit jembatan gantung sedangkan untuk bulan Desember diharapkan ada 84 unit jembatan gantung yang bisa dibangun. Ya karena memang dianggap sangat penting, pembangunan jembatan gantung yang dilakukan oleh pemerintah ini mendapatkan anggaran biaya yang sangat besar. Untuk anggarannya disebutkan bahwa ada lebih dari 770 milyar dana APBN dikucurkan untuk membangun sarana penghubung desa-desa yang belum terjamah ini. (Red)

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - Screenshot 20201128 112755 KineMaster - LSM DHN P KPK PEPANTRI Geram Kegiatan Pengecoran Jalan Kp Garon Tanpa Papan Proyek Diduga Tidak Sesuai Spek RAB

LSM DHN P KPK PEPANTRI Geram Kegiatan Pengecoran Jalan Kp Garon Tanpa Papan Proyek Diduga Tidak Sesuai Spek RAB

    LENSA HUKUM SETIALAKSANA – KABULATEN BEKASI Lensahukum.co.id Proyek Pekerjaan Pengecoran yang berada di …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WARNING…. !

Kami Redaksi Media Lensa Hukum Menghimbau apabila Ada OKNUM yang mengatasnamakan Wartawan/Wartawati yang tidak terdaftar di Box Redaksi. Seluruh tindakan dan perbuatannya bukan bertanggung jawab kami. Cek Box Redaksi