Home / Nasional / Calo Pembuat KIR di Dishub Kabupaten Bekasi Berlegalitas
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Calo Pembuat KIR di Dishub Kabupaten Bekasi Berlegalitas

 

LensaHukum.co.id - IMG 20210217 WA0112 - Calo Pembuat KIR di Dishub Kabupaten Bekasi Berlegalitas

LENSA HUKUM

CIKARANG – KABUPATEN BEKASI

Lensahukum.co.id

Dinas Perhubungan (Dishub) kabupaten Bekasi di padati mobil untuk uji kelayakan (KIR) Tetapi bukan hanya kendaran roda empat saja yang ada di sana,banyak orang setiap hari berkumpul disana di duga biasa mencari konsunen yang mau KIR,Rabu (17/02/2021).

Pasalnya,Dari pantauan Media Lensa Hukum banyak para jasa memasang informasi bantu pembuatan KIR di rumah atau di ruko,Saat di mintai keterangan kabid Sapras Deny Hendra mengakatakan,ia kalau masalah jasa di sini ada legalitasnya dan setiap pesananan dari jasa ada stempel nya di foum untuk uji KIR. Kita real untuk uji kelayakan (KIR),jika lampu mati atau rem tidak ada,kita suruh rapihakan lagi,ia memang jika pakai jasa bisa lagsung ke begkel untuk di rapikan lagsung datang lagi tidak perlu pulang balik nya besok, ” Ujar,Kabid.

Lanjutan Dan kenapa masyarakat memakai jasa / calo datang aja kesini melakukan Pendaftaran bayar administarsi jika layak semuah pasti lolos . jika tidak kita pun Riel suruh balik lagi rapihakan dulu mobilnya atau lain ya dan insa allah ada rencana di pandemi ini ada pengapusan denda . ia mudah mudahan ditahun ini terealisasi, ” Ucapnya.

LensaHukum.co.id - IMG 20210217 WA0113 - Calo Pembuat KIR di Dishub Kabupaten Bekasi BerlegalitasSaat media menanyakan daftar legalitas para jasa pembuat KIR yang ada dishub kabid Deny ia ada di bagian adminitrasi, ” Ungkapnya.

” Syarat Uji KIR ”

Contoh Buku KIR

Kendaraan mobil dan truk yang sudah melakukan pendaftaran uji KIR ditandai dengan kepemilikan buku KIR. Berikut ini adalah contoh buku KIR yang masih berlaku di Indonesia.

Isi dari buku KIR tersebut adalah hasil pemeriksaan kendaraan mobil dan truk yang sudah lulus uji KIR. Beberapa part / bagian yang diperiksa saat uji kir mobil dan truk adalah sebagai berikut :

1. Lampu dan daya pancar.

2. Emisi gas buang.

3. Sistem kemudi.

4. Kaki mobil dan truk.

5. Speedometer.

6. Sistem pengereman.

7. Ban mobil tidak gundul.

8. Kaca mobil.

9. Tidak dimodifikasi.

10. Klakson berfungsi dengan baik.

Jadi, 10 hal tersebut di ataslah yang harus Anda perhatikan untuk merawat kendaraan, baik mobil maupun mobil agar saat pendaftaran uji KIR bisa lulus dengan mudah.

Apa Saja Syarat Pendaftaran KIR.. ?

Cara daftar KIR online dan offline memiliki syarat pengajuan yang sama,yaitu :

Kendaraan dalam kondisi baik sesuai yang sudah disebutkan di atas.

Dokumen lengkap,BPKB dan STNK

Memiliki Ijin Trayek untuk Angkutan Umum

Memiliki bukti pembayaran biaya uji

Memiliki sertifikat uji type/pengesahan rancangan bangun dan rekayasa kendaraan

Membawa kendaraan ke unit pelaksana pengujian

Syarat pendaftaran uji KIR tersebut di atas harus Anda penuhi semua. Jika tidak, maka akan sulit lulus.

Cara Pendaftaran KIR Mobil dan Truk

Sekarang, saatnya Anda mengetahui bagaimana cara daftar KIR kendaraan mobil dan truk baru.

Mengujungi loket pendaftaran uji KIR yang ada di sekitar wilayah Anda guna memenuhi syarat kendaraan yang sudah ditentukan

Lengkapi persyaratan administrasi

Penuhi persyaratan laik jalan

Bayar retribusi sesuai ketentuan yang berlaku

Melakukan Pra Uji, yaitu pengecekan kondisi kendaraan mobil dan truk

Pemasangan stiker

Proses pendaftaraan uji KIR kendaraan kurang lebih selama 15 menit. Tidak terlalu membuang-buang waktu Anda. Jadi, usahakan setiap melakukan uji KIR kendaraan Anda lakukan sendiri tanpa melalui perantara orang lain.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat video berikut ini untuk mengetahui beberapa alasan dan bagaimana cara pendaftaran uji KIR.

Syarat Pengajuan Perpanjangan Uji KIR Kendaraan Mobil dan Truk :

Seperti yang kita ketahui, uji kendaraan KIR untuk seluruh jenis kendaraan, baik itu mobil berpenumpang umum, mobil pick up, truk ataupun bus diwajibkan untuk melakukan uji berkala 1x dalam 6 bulan.

Oleh sebab itu,Anda juga harus mengetahui apa saja persyaratan yang harus dipenuhi ketika ingin daftar perpanjangan uji KIR kendaraan.

Berikut ini adalah persyaratannya:

Permohonan uji

STNK yang masih berlaku

Buku Uji,apabila hilang harus ada keterangan dari Polri

Bukti pembayaran biaya uji

Membawa kendaraan ke unit pelaksana pengujian

Biaya Daftar Uji Kendaraan Mobil dan Truk

Berikut ini adalah rincian lengkap daftar biaya sesungguhnya yang harus Anda keluarkan jika ingin melakukan pengujian kendaraan secara berkala.

LensaHukum.co.id - IMG 20210217 WA0114 - Calo Pembuat KIR di Dishub Kabupaten Bekasi BerlegalitasBiaya uji KIR mobil dan truk baruJenis kendaraanTarifSedan dan kereta tempelanRp 18.000MinibusRp 18.000Micro busRp 18.000BusRp 18.000Mobil pick upRp 22.000TrukRp 22.000Biaya perpanjangan / uji KIR berkalaSedan dan kereta tempelanRp 18.000MinibusRp 18.000Micro busRp 18.000BusRp 18.000Mobil pick upRp 22.000TrukRp 22.000Biaya tandaTanda ujiRp 9.000Tanda uji kereta tempelanRp 4.500Pasang tanda ulangRp 25.000Ganti buku KIR yang hilangRp 15.000Biaya lainnyaPengecatanRp 10.000Buku ujiRp 10.000EmisiRp 10.000Sanksi adminstrasiRp 10.000

Biaya tersebut adalah biaya secara rinci. Sehingga, dapat disimpulkan seperti di bawah ini:

Uji KIR kendaraan baru: Rp 75.000

Perpanjangan KIR secara berkala: Rp 75.000

Menghilangkan salah satu tanda KIR: Rp 15.000 + Rp 75.000 = Rp 90.000. Karena,Anda akan mengurus tanda yang hilang pada saat melakukan uji kendaraan berkala.

Besaran denda KIR yang mati harus Anda ketahui saat Anda langsung datang ke loket uji kendaraan. Karena, di sana Anda diberitahukan secara lebih rinci mengenai administrasi apa saja yang harus diselesaikan.

Itulah ulasan lengkap tentang bagaimana cara pendaftaraan uji KIR kendaraan mobil dan truk, baik untuk baru pertama kali atau secara berkala.

Sangat penting bagi kita semua untuk selalu menjaga performa kendaraan, terutama mobil pick up dan truk yang aktivitas kesehariannya adalah digunakan untuk melakukan pengiriman barang dan membawa penumpang.

Terutama,Uji KIR kendaraan wajib dilakukan karena sudah diatur di dalam UU No. 22 tahun 2009,tentang lalu lintas dan angkutan jalan yang diatur juga di dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 133/2015 tentang Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor.

Jika uji KIR tidak Anda lakukan, maka sanksi yang akan Anda dapatkan adalah cabut izin aktivitas, seperti yang sudah diatur di dalam UU No. 22 tahun 2009.

Percayalah, pada saat Anda melakukan uji kendaraan Anda, baik itu mobil pick up ataupun truk, saat itu juga Anda sedang melakukan perawatan yang nantinya akan memberikan dampak yang baik bagi bisnis Anda.

Posted in informationtagged

Biaya Kir.

Cara Pendaftaran Kir Kendaraan.

Cara Pendaftaran Online.

Denda Kir Mati,Kir Mobil,Kir Truk Uji Kir.

KIR (bahasa Belanda = KEUR) merupakan kumpulan rangkaian kegiatan untuk melakukan uji kendaraan bermotor sebagai tanda bahwa kendaraan tersebut layak digunakan secara teknis di jalan raya,khususnya bagi kendaraan yang membawa angkutan penumpang dan barang.

Perlu Anda ketahui bahwa KIR ini bukan merupakan singkatan dari kalimat apapun,sehingga KIR tidak memiliki kepanjangan apapun.

Secara umum,kendaraan yang wajib untuk melakukan pendaftaran uji kir adalah kendaraan yang memiliki plat kuning,hanya saja fungsi tersebut dialihkan ke kendaraan yang berpenumpang. Beberapa jenis kendaraan yang wajib mengikuti uji KIR adalah :
Taxi ,Mobil sewa,Mobil berpenumpang manusia / mobil ojek online.

Mobil dan truk pengangkut barang Bus ,Seluruh jenis truk,Mobil pick up.

 

 

 

( MARIAM )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - Screenshot 20210917 132522 WhatsApp - Kepala Desa Kertamukti Gelar World Clean Up Day 2021 WCD, Bumi Bersih Dan Sehat

Kepala Desa Kertamukti Gelar World Clean Up Day 2021 WCD, Bumi Bersih Dan Sehat

  LENSA HUKUM KERTAMUKTI – KABUPATEN BEKASI Lensahukum.co.id Dalam Rangka hari Bersih bersih sedunia kali …

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.