Home / Nasional / Kemnaker Gelar Debat Virtual Ketenagakerjaan 2021
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Kemnaker Gelar Debat Virtual Ketenagakerjaan 2021

 

LensaHukum.co.id - Screenshot 20210218 175014 WhatsApp - Kemnaker Gelar Debat Virtual Ketenagakerjaan 2021
LENSA HUKUM

JAKARTA

Lensahukum.co.id

Kementerian Ketenagakerjaan melalui Pusat Pendididikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia (Pusat Diklat SDM) Ketenagakerjaan menggelar kompetisi debat virtual ketenagakerjaan 2021 pada Rabu (17/2/2021).
Gelaran Debat Virtual Ketenagakerjaan ini diikuti ASN yang membidangi ketenagakerjaan di seluruh Indonesia. Mereka memperebutkan trofi Menteri Ketenagakerjaan RI.
Debat ketenagakerjaan ini dimenangkan oleh Faisal Rezza dari Politeknik Ketenagakerjaan Kemnaker sebagai Juara I, Wahyu Suprapti dari Pusat Diklat SDM Ketenagakerjaan Kemnaker sebagai Juara II, dan Muhammad Aiza Akbar dari Direktorat Pencegahan dan Penyelesaian PHI Kemnaker RI sebagai Juara III.
Pada debat ini, mereka membahas isu-isu ketenagakerjaan guna mewujudkan SDM Ketenagakerjaan yang lebih cerdas dan lebih unggul dengan tema Membangun SDM Ketenagakerjaan Lebih Cerdas Lebih Unggul.
Dalam debat ini, tim seleksi tulisan pokok pikiran dan tim juri semifinal adalah para Widyaiswara Pusat Diklat SDM Ketenagakerjaan. Sedangkan dewan juri pada babak final adalah Anwar Sanusi, Sekjen Kemnaker RI; Arzeti Bilbina, Anggota Komisi IX DPR RI; Padang Wicaksono, Wakil Direktur I Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia; dan Addin Jauharudin, Sekjen KNPI.
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, dalam sambutannya mengatakan, banyaknya aspek ketenagakerjaan yang ada beriringan dengan timbulnya permasalahan ketenagakerjaan, baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah. Sementara untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut, kata Menaker Ida, tidak bisa hanya dilihat dari salah satu sisi, melainkan juga harus dari sudut pandang yang lain.
“ASN yang membidangi Ketenagakerjaan haruslah melihat setiap permasalahan secara komprehensif,” kata Menaker Ida.
Menaker Ida menyatakan, Revolusi Industri 4.0 merupakan suatu era yang melanda seluruh bangsa di dunia. Hal itu ia dasarkan pada survei yang diadakan oleh World Economic Forum (Future of Jobs Survey, 2018). Dari hasil survei tersebut diketahui bahwa ada 4 teknologi yang akan mendominasi pada tahun 2018-2022,yaitu high-speed mobile internet,artificial intelligence,big data analytics dan cloud technology.
“Dominasi teknologi tersebut menjadi suatu tantangan tersendiri bagi seluruh tenaga kerja di dunia. Begitu pula di Indonesia,saat ini bangsa Indonesia juga di hadapkan dengan Revolusi Industri 4.0 yang menuntut sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan handal,sehingga penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi suatu syarat yang harus dipenuhi, ” Terangnya.

Seiring dengan penyelesaian permasalahan ketenagakerjaan dan pembangunan SDM Ketenagakerjaan,Menaker Ida telah mencanangkan 9 lompatan besar,yaitu reformasi birokrasi, pengembangan ekosistem digital ketenagakerjaan,transformasi BLK,link and match ketenagakerjaan, transformasi program perluasan kesempatan kerja,pengembangan talenta muda,perluasan pasar kerja luar negeri,visi baru hubungan Industrial dan reformasi pengawasan. Biro Humas Kemnaker.

 

 

 

( JARKONI )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - IMG 20220120 WA0029 310x165 - Keindahan SMP 3 Tambun Selatan Patut Di Tiru Sekolah lain

Keindahan SMP 3 Tambun Selatan Patut Di Tiru Sekolah lain

  LENSA HUKUM KABUPATEN BEKASI Lensahukum.co.id Sekolah tempat mencari ilmu anak anak dari itu sekolah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.