Home / Nasional / Petani Sukawangi Ratapi Nasib Ribuan Hektar Lahan Sawah Kekeringan Terancam Gagal Panen
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Petani Sukawangi Ratapi Nasib Ribuan Hektar Lahan Sawah Kekeringan Terancam Gagal Panen

 

LensaHukum.co.id - IMG 20210324 WA0007 - Petani Sukawangi Ratapi Nasib Ribuan Hektar Lahan Sawah Kekeringan Terancam Gagal Panen

LENSA HUKUM

SUKAWANGI – KABUPATEN BEKASI 

Lensahukum.co.id

Para petani di wilayah Kecamatan Sukawangi dan Beberapa Kecamatan se- Kabupaten Bekasi Khususnya diwilayah utara meratapi nasibnya lantaran sawah yang digarapnya saat ini mengalami kekeringan. Sehingga,para petani Diduga gagal panen pada tahun ini.

LensaHukum.co.id - IMG 20210324 WA0002 - Petani Sukawangi Ratapi Nasib Ribuan Hektar Lahan Sawah Kekeringan Terancam Gagal PanenPasalnya,Tatang Sekretaris Desa (Sekdes) Sukabudi, Kecamatan Sukawangi dikantornaya mengatakan pada Awak media lensa hukum, ada ribuan hektar tanaman padi milik petani yang mengalami kekeringan akibat saluran air Kali Cikarang menyempit dan dangkal. Selain itu, banyak juga air yang terbuang ke Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL) sehingga air yang mengalir ke persawahan warga sangat minim.

Ya saat ini para petani diwilayah Kecamatan Sukawangi dan beberapa Kecamatan diwilayah utara Kabupaten Bekasi menjerit,karena tanaman padi mereka terancam gagal panen. Hal itu lantaran air tidak mengalir dengan baik di wilayah persawahan Sukawangi, ” Tutur Tatang Serkertaris Desa Sukabudi,Selasa(23/3/2021).LensaHukum.co.id - IMG 20210324 WA0006 - Petani Sukawangi Ratapi Nasib Ribuan Hektar Lahan Sawah Kekeringan Terancam Gagal PanenTatang mengaku,para petani sudah melakukan swadaya membendung Kali CBL dengan batu belah dan kayu kelapa tetapi hasil nya nihil,agar air bisa digunakan untuk pertanian yang saat ini kekeringan, namun hingga kini ribuan hektar sawah diwilayahnya belum juga mendapatkan air yang cukup.

“ Petani mengharapkan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi Maupun Pemerintahan Pusat, Agar bisa membendung kali Cikarang CBL dengan permanen Agar kebutuhan Sawah petani tercukupi air Setiap musim tanam Padi, petani selalu mengeluh kan akibat air yang begitu sedikit untuk mengairi lahan pertanian diwilayah Kecamatan Sukawangi Kabupaten Bekasi Khususnya diwilayah utara ini, ” Ungkap,Tatang.

Sementara itu,para petani mengharapkan agar Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi, segera melakukan langkah cepat untuk membantu kesulitan para petani,terutama sistem pengairannya yang dirasa kerap terjadi kekeringan diwilayah Kecamatan Sukawangi.

Para Petani berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi,untuk tanggap segera mengatasi masalah kekeringan pesawahan di wilayah bagian utara yang bakal mengancam kehidupan para petani. Jangan sampai petani mengalami gagal panen yang bisa mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi para petani, ” Tegas,seorang petani diwilayah Kecamatan Sukawangi.

Lebih lanjut Tatang mennyatakan Pihaknya meminta agar Pemerintah Kabupaten Bekasi dan juga Pemerintah pusat segera mengambil sikap untuk memperbaiki saluran air,Agar petani tidak gagal panen.

 

LensaHukum.co.id - IMG 20210324 WA0003 - Petani Sukawangi Ratapi Nasib Ribuan Hektar Lahan Sawah Kekeringan Terancam Gagal PanenTatang juga meminta Pemkab Bekasi agar segera meninjau langsung kekeringan yang melanda ribuan hektar lahan pertanian diwilayah Kecamatan Sukawangi khususnya wilayah utara.

“ Perlu diketahui,lahan pertanian yang mengalami kekeringan di emapat Kecamatan diantaranya di Kecamatan Sukawangi,Kecamatan Tambelang,Kecamatan Sukakarya dan Kecamatan Sukatani, ” Pungkasnya.

 

 

 

( RUDI )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - Screenshot 20210421 212229 WhatsApp - Penegak Hukum Diminta Cari Isi Kebenaran Selebaran Yang Beredar

Penegak Hukum Diminta Cari Isi Kebenaran Selebaran Yang Beredar

  LENSA HUKUM KABUPATEN BENER MERIAH Lensahukum.co.id Beredarnya selebaran di media sosial berkaitan dengan Bupati …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.