Home / Nasional / Diduga Bangunan Wisma Tidak Transparan Camat Cijeruk Akan Cek Lagi Peruntukannya
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Diduga Bangunan Wisma Tidak Transparan Camat Cijeruk Akan Cek Lagi Peruntukannya

 

LensaHukum.co.id - Screenshot 20210419 191527 Gallery - Diduga Bangunan Wisma Tidak Transparan Camat Cijeruk Akan Cek Lagi Peruntukannya

LENSA HUKUM

WARUNG MENTENG – KABUPATEN BOGOR

Lensahukum.co.id

Pembangunan wisma di Jln.KH. Halimi Desa Warung Menteng kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor terlihat jelas sedang dalan proses pembangunan dan tidak ada nama papan proyek terpampang,Senin (19/04/2021).

Pasalnya, Saat media lensa hukum menanyakan kepada RT yang ada dilokasi ini bangunan Wisma dan wisma apa, kita kurang paham kata RT . dan dari salah satu pekerja di mintai keterangan. Oleh media di mana kantor dan pengawas ” jawabnya kurang tau, ” Ucapnya.

LensaHukum.co.id - Screenshot 20210406 204007 My Files - Diduga Bangunan Wisma Tidak Transparan Camat Cijeruk Akan Cek Lagi PeruntukannyaTerlihat di lokasi depan tidak terpasang papan proyek agar transparansi publik karena dari keterangan yang di dapat oleh media hanya Wisma, di tanya wisma apa tidak ada yang tau, akan tetapi kalau izin IMB di pasang di pos penjaga terlihat kecil papan informasi izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Saat Camat Cijeruk kabupaten Bogor di mintai keterangan datang utusanya dari pihak Wisma, karena kita tidak pernah tau pemiliknya serta menginformasikan perizinannya kepada kita, jadi ternyata perizinanya saat itu kalau tidak salah untuk wisma dan di sampaikan ke kita dan di lihatkan, hanya memang mungkin keterkaitan dengan papan itu nanti kita coba lakukan teguran lagi karena saya juga kesal karena beberapa kali saat pertama awal kalau sekarang dah rapih dan saat awal pembangunan keluar masuk kendaraan besar bawa tanah kejalan dan ini saya lihat.

Lanjutan, hal ini akan mengundah duit masyarakat yang lain dan saya coba panggil beberapa kali akhirnya secara tekhnis di sikapi oleh Sat Pol PP dan wisma itu milik swasta dan bukan milik pemerintah dan saya lupa milik perorangan atau perusahanlah, jadi  kita cek rekomendasinya di Ekbang nanti karena saya datang kesini sudah berjalan pembangunan. Saya lihat dan kita Cek  perizinanya ke kabupaten pun saat saya sudah datang atau baru menjabat, ” Walau bagaimana pun karena saya sudah tugas disini yang penting saat itu saya lihat perizinan sudah ada dan namanya wisma apa saya lupa dan untuk apa saya juga lupa.LensaHukum.co.id - Screenshot 20210419 201203 WhatsApp - Diduga Bangunan Wisma Tidak Transparan Camat Cijeruk Akan Cek Lagi PeruntukannyaSambung, Informasi Kata masyarakat itu pindahan dari mega mendung Trieji katanya, pemiliknya itu dan  pernah waktu itu  pagi pagi bikin macet dan keprosok kendaraan besar mau masuk  saat itu akibat pembagunan wisma, ” Ucapnya.

Dan kita tuh biasanya proses seperti itu hanya persetujuan lingkungan di awal masyarakat RT / RW Desa kecamatan  setelah itu dengan dasar persetujuan kepada masyarakat adalah bilang nya wisma dan tidak tau wisma apa  gak jelas, ” itu  kewenangannya kabupaten gini aja nanti saya Cek lagi pembangunannya wisma untuk apa, ” Ucap, Camat.

Di dalam peraturan pemerintah Setiap bangunan gedung harus memenuhi persyaratan administratif dan persyaratan teknis sesuai dengan fungsi bangunan gedung. Persyaratan administratif bangunan gedung meliputi persyaratan status hak atas tanah, status kepemilikan bangunan gedung dan izin mendirikan bangunan.

Persyaratan teknis bangunan gedung meliputi persyaratan tata bangunan dan persyaratan keandalan bangunan gedung.

Penggunaan ruang di atas dan/atau di bawah tanah dan/atau air untuk bangunan gedung harus memiliki izin penggunaan sesuai ketentuan yang berlaku.

Misalnya, pembangunan bangunan gedung seperti mal, terminal dan perkantoran yang dibangun di atas atau di bawah jalan atau sungai, termasuk yang berada di atas atau di bawah ruang publik.

Izin penggunaan atau pemanfaatan ruang diberikan oleh instansi yang berwenang dan bertanggung jawab atas penyelenggaraan prasarana dan sarana umum atau fasilitas lainnya tempat bangunan gedung tersebut akan dibangun di atasnya atau di bawahnya.

LensaHukum.co.id - Screenshot 20210406 203952 Video Player - Diduga Bangunan Wisma Tidak Transparan Camat Cijeruk Akan Cek Lagi PeruntukannyaPersyaratan administratif dan teknis untuk bangunan gedung adat, bangunan gedung semi permanen, bangunan gedung darurat dan bangunan gedung yang dibangun pada daerah lokasi bencana ditetapkan oleh Pemerintah Daerah sesuai kondisi sosial dan budaya setempat.

 

Bangunan gedung adat adalah bangunan gedung yang didirikan berdasarkan kaidah-kaidah adat atau tradisi masyarakat sesuai budayanya, misalnya bangunan rumah adat.

Bangunan gedung semi permanen adalah bangunan gedung yang digunakan untuk fungsi yang ditetapkan dengan konstruksi semi permanen atau yang dapat ditingkatkan menjadi permanen.

 

 

 

 

( TIM REDAKSI )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - Screenshot 20210902 131456 WhatsApp - FPII dan AIPBR Mengawal Pemeriksaan Dugaan Korban Kekerasan Terhadap Wartawan Oleh Pengawal Bupati Bogor

FPII dan AIPBR Mengawal Pemeriksaan Dugaan Korban Kekerasan Terhadap Wartawan Oleh Pengawal Bupati Bogor

  LENSA HUKUM KABUPATEN BOGOR  Lensahukum.co.id Beberapa Wartawan yang tergabung dalam Aliansi Insan Pers Bogor …

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.