Home / Nasional / CBA meminta Bupati Bogor segera memecat kepala desa sukamakmur Terkait punggutan Biaya PTSL
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

CBA meminta Bupati Bogor segera memecat kepala desa sukamakmur Terkait punggutan Biaya PTSL

LensaHukum.co.id - IMG 20210608 WA0000 - CBA meminta Bupati Bogor segera memecat kepala desa sukamakmur Terkait punggutan Biaya PTSL

LENSA HUKUM

KABUPATEN BOGOR – JAWA BARAT

Lensahukum.co.id

Ketika Awak media Senin (07/06/2021) mendatangi Kantor Desa Sukamakmur, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor,dengan tujuan akan konfirmasi perihal Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL),akan tetapi Kepala Desa Sukamakmur (ii) tidak ada di kantornya,menurut Kaur sedang ada rapat belum datang.dan awak media pun melanjutkan menghubungi nya melalu via selular Whatsapp Hanya saja menjawab “walaikumsalam” dan tidak menjelaskan nya bahwa kades sedang rapat.

Pasalnya, Sampai berita pun Di muat dengan Judul ” Desa Sukamakmur Kabupaten Bogor, Diduga Lakukan Pungli Untuk Pembuatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap PTSL, ” Namun saat Ketika di konfirmasi kembali kepada Kepala Desa Sukamakmur, Melalui lWhatshapp lagi (ii) pun menjawab pada pesan Whatshapp nya, ” Bagaimana etika media ketemu belum, konfirmasi belum,bisa naikin berita. Saya lagi rapat apa harus di paksakan jawab telepon, Saya bales Whatshapp nya dengan waalaikumsalam, ” Ucap, kepala desa.

Lebih lanjut kades yang biasa di sapa ii itu pun menerangkan, ” Pekerjaan saya tidak hanya di kantor, rekan media mungkin bisa faham,etika ketika sedang rapat, Hp di silent, Komunikasi bisa setelah rapat selesai, ” Ujarnya.

Jajang nurjaman Ketua Kordinator Lembaga Center for Budget Analysis (CBA) pun lebih menegaskan kepada awak media, ” Untuk biaya PTSL sesuai aturan SKB Rp 150 ribu, kalaupun ada biaya tambahan tidak boleh lebih dari 250 ribu. Jadi biaya maksimal soal PTSL tidak boleh lebih dari 499 ribu, bahkan mengingat kondisi pandemi seharusnya pihak desa tidak terlalu membebani kepada warga, cukup hanya 150 ribu saja, “Jelasnya.

Kalau biaya PTSL sampai Rp 750 bahkan Rp 1 juta, ini sudah jelas pungli. Warga sebaiknya langsung lapor saja jangan mau dirugikan.

” Selain itu Center for Budget Analysis meminta Bupati Bogor segera memecat kepala desa sukamakmur kecamatan Ciomas, karena terjadi pungli di wilayah tanggung jawabnya. Kejari atau kepolisian Bogor juga harus segera menindak para pelaku pungli PTSL di desa Sukamakmur, ” Tegasnya.

Ketentuan besar biaya tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga mentri yang meliputi Mentri Agraria,Mentri dalam negri dan Mentri desa pembangunan daerah tertinggal dan Transmigrasi,nomor:25/SKB/V/2017,nomor:590-3167A,nomor:34 tahun 2017 tanggal 22 Mei 2017 tentang pembiyaan persiapan pendaptaran tanah sistematis,yakni wilayah Jawa dan Bali biaya yang ditanggung masyarakat Rp 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah).

 

 

 

 

( SANDRA HERAWATI )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - IMG 20210608 WA0090 scaled - Anggota DPRD Budianto,S.Pi, Monitoring Bendungan Caringin Sumber Irigasi Teknis Pertanian Kabupaten Bekasi

Anggota DPRD Budianto,S.Pi, Monitoring Bendungan Caringin Sumber Irigasi Teknis Pertanian Kabupaten Bekasi

  LENSA HUKUM SUKAMAKMUR – KABUPATEN BEKASI Lensahukum.co.id Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Budiyanto bersama Wawan …

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.