Home / Nasional / Proyek Pembangunan Drainase Ruas Jalan Provinsi Hutabarat – Sipahutar Sudah Rusak Diduga Dinas Terkait Tutup Mata
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Proyek Pembangunan Drainase Ruas Jalan Provinsi Hutabarat – Sipahutar Sudah Rusak Diduga Dinas Terkait Tutup Mata

 

LensaHukum.co.id - Screenshot 20211219 220937 WhatsApp - Proyek Pembangunan Drainase Ruas Jalan Provinsi Hutabarat - Sipahutar Sudah Rusak Diduga Dinas Terkait Tutup Mata

LENSA HUKUM

TAPANULI UTARA 

Lensahukum.co.id

Rusaknya sejumlah drainase yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara, khususnya ibu kota Tarutung di simpang Hutabarat lokasinya wisata pemandian air panas Kelurahan Partali Julu hingga Kecamatan Sipahutar.

Pasalnya, Kerusakan drainase ini menjadi sorotan dari warga dan para penggiat sosial Kontrol juga Lembaga LSM, terkhusus lembaga Pemantauan Pengawasan Pembangunan Sumatera Utara (LP3SU) Sahala Saragi.

LensaHukum.co.id - Screenshot 20211219 221003 WhatsApp - Proyek Pembangunan Drainase Ruas Jalan Provinsi Hutabarat - Sipahutar Sudah Rusak Diduga Dinas Terkait Tutup MataDiketahui, walaupun sebelumnya sudah dilakukan perbaikan pada drainase tersebut namun umur drainase yang baru dibangun itu tidak dapat bertahan lama karena saat ini badan dan lantai sudah retak panjang.

Warga setempat yang menggunakan fasilitas drainase mengutarakan keluhanya kepada media, sudah lama didambakan masyarakat perbaikan drainase ini namun kami sangat kecewa pada Kontraktor CV Dominggo.

Pengendara juga mengeluh, selama ini jalan lintas antar Kecamatan yang dinaungi pihak Bina Marga provinsi Sumatera Utara jalan hotmix nya hancur akibat rusaknya drainase yang ada, saat ini adanya perbaikan tetapi sudah rusak jelas kami kecewa.

Saat LP3SU bersama Media Lensa Hukum, melakukan investigasi ke lokasi proyek ditemukan pada badan dinding drainase beberapa titik sudah retak panjang terancam jebol dan lantainya pun banyak yang terkelupas padahal drainase ini bukanya digenangi air melainkan disaat turunya hujan, Sabtu (18/12/2021).LensaHukum.co.id - Screenshot 20211219 220949 WhatsApp - Proyek Pembangunan Drainase Ruas Jalan Provinsi Hutabarat - Sipahutar Sudah Rusak Diduga Dinas Terkait Tutup MataKetika dikonfirmasi ke kantor UPT Bina Marga Provinsi, Media Lensa hukum bersama LP3SU kecewa tidak mendapat jawaban yang benar dari beberapa staf seakan ada yang dirahasiakan terkait proyek drainase dan pembangunan hotmix di Muara, dalam hal ini ada Dugaan Pihak Dinas Tutup mata, ” Ungkap, Sahala.

Sahala berpendapat, penyebab cepat rusaknya pembangunan drainase ini dikarenakan rekanan memproyekkanya lagi kepada tukang dengan cara dibagi – bagikan per tiap meternya sehingga kualitas drainase berbeda – beda.
Pastinya tiap tukang yang dipercaya akan mempermainkan material dan mengurangi campuran pasir dengan semen yang tidak standar dan batu padasnya kurang keras jadi beragam bentuk bahkan plesteran terlihat bermacam – macam, ” Ucapnya.

LP3SU akan melaporkan kerusakan ini diduga lari dari Rancangan Anggaran Biaya akibat kurangnya pengawasan dari PPK dan pengawas lapangan menjadikan proyek ini cepat rusak juga volumenya dipertanyakan besarnya Rp 1.798.420.000,00 dari APBD Provinsi, ” Pungkasnya.

 

 

 

( ALAIN DELON )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - Screenshot 20220111 135850 SHAREit 310x165 - Tanggapi Keluhan Warga Lurah Chairul Anwar, S.STP.M.Si, Turunkan Alat Berat

Tanggapi Keluhan Warga Lurah Chairul Anwar, S.STP.M.Si, Turunkan Alat Berat

  LENSA HUKUM KABUPATEN BEKASI Lensahukum.co.id Musim penghujan tahun memberikan banyak PR ekstra bagi seluruh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.