Home / Nasional / Bareskrim Polri Tangkap Dua Tersangka Hoaks
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Bareskrim Polri Tangkap Dua Tersangka Hoaks

LensaHukum.co.id - IMG 20190408 WA0099 - Bareskrim Polri Tangkap Dua Tersangka Hoaks

Lensahukum.co.id

Jakarta

Direktorat Diberikan Bareskrim Polri berhasil mengungkap kasus hoaks server ABG disetting untuk memenangkan salah satu Paslon dalam Pilpres 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelumnya telah melaporkan kasus tersebut pada Kamis 4 April 2019.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, hingga saat ini Polri berhasil menangkap dua tersangka. Keduanya disangkakan melakukan penyebaran kasus hoaks tersebut.

“Alhamdulillah dengan kerja yang profesional dengan pembuktian scientific Investigasi sudah berhasil mengungkap kasus hoaks server KPU. Kita amankan 2 tersangka yang melakukan penyebaran, “Ujar Dedi di Mabes Polri Senin 8 April 2019.

 

Kedua tersangka,lanjut Dedi, ditangkap diduga lokasi yang berbeda, pada Sabtu 6 April lalu. Seorang pria berinisial EW ditangkap di Ciracas, Jakarta Timur, sementara seorang Ibu Rumah Tangga berinisial RD, ditangkap di Lampung.

“Karena kalau tidak ditangani oleh Kepolisian dengan cepat ini akan menganggu kinerja dan mendelegitimasi Pemilu, “katanya.

Ditempat yang sama,Kasubdit 1 Dittipid Siber Bareskrim Polri Kombes.Pol Dani Kustoni mengatakan,pihaknya masih memburu dua pelaku lain. Keduanya telah teridentifikasi, dan Polri tengah mengejarnya.

“EW memiliki akun Twitter @ekoboi yang terkait dengan Babe.com,yang memiliki follower cukup banyak,sedangkan RD menggunakan akun Facebook dan akun Twetter. Keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat UU ITE,. “Kata Dani.

Menurut Dani, pihaknya masih menyelidiki motif keduanya menyebarkan hoaks. Salah satu tersangka mengaku mendapat berita dari Instagram dan langsung di – suspend.

“Ketika menyebar, Instagram (yang memuat hoaks tersebut) itu langsung menghilang dan mereka (kedua tersangka) ini tidak saling berhubungan, ” jelasnya.

( KHANZA )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - IMG 20201202 WA0043 - Efisiensi Kewenangan dan Anggaran Pemerintah Bubarkan 10 Lembaga Non Struktural

Efisiensi Kewenangan dan Anggaran Pemerintah Bubarkan 10 Lembaga Non Struktural

LENSA HUKUM JAKARTA Lensahukum.co.id Menteri PANRB Tjahjo Kumolo didampingi Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WARNING…. !

Kami Redaksi Media Lensa Hukum Menghimbau apabila Ada OKNUM yang mengatasnamakan Wartawan/Wartawati yang tidak terdaftar di Box Redaksi. Seluruh tindakan dan perbuatannya bukan bertanggung jawab kami. Cek Box Redaksi