Home / Nasional / Mentri Perhubungan Mengevaluasi Tarif Batas Penerbangan
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Mentri Perhubungan Mengevaluasi Tarif Batas Penerbangan

LensaHukum.co.id - IMG 20190508 WA0015 - Mentri Perhubungan Mengevaluasi Tarif Batas Penerbangan

Lensahukum.co.id

Jakarta

Saat ditemui,(selasa/07/04/2019) di Jakarta
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pihaknya akan mengatur kembali penetapan tarif batas atas tarif tiket pesawat.

Budi mengatakan pihaknya diberi waktu satu minggu ke depan untuk mengevaluasi tarif batas atas penerbangan. Dia mengatakan akan ada penetapan baru tarif batas atas penerbangan.

” Jadi tadi rapatnya kita akan evaluasi batas atas. Saya diberi waktu,dalam waktu satu minggu akan menetapkan batas atas baru untuk penerbangan ekonomi, ” Ungkap Budi usai hadiri rapat koordinasi bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, di kantornya,Senin (06/05/2019).

Budi menilai ada kemungkinan tarif batas atas akan mengalami penurunan. “InsyaAllah (akan turun),” jawabnya singkat.

Budi menjelaskan pertimbangan pihaknya dalam mengatur kembali tarif batas atas ini adalah melihat kondisi dan daya beli masyarakat terhadap industri penerbangan.

” Jadi dalam UU (No 1 tahun 2009 tentang penerbangan) itu disebutkan Kemenhub dapat menentukan batas atas dengan mempertimbangkan kondisi masyarakat. Ada di pasal 127, ” kata Budi.

Budi mensimulasikan apabila dia menurunkan tarif batas atas menjadi 85% dari jumlah harga tarif batas atas, maka seluruh maskapai pun akan menurunkan harga. Menurutnya,yang pertama akan menurunkan adalah penerbangan kelas full service, lalu biasanya kelas penerbangan di bawahnya pun akan mengambil harga di bawah tarif full service.

Hingga kini,pada Peraturan Menteri 20 tahun 2019 sendiri,tarif batas atas untuk penerbangan kelas wahid alias full service harganya 100% dari tarif batas atas.

” Logikanya begini, kalau batas atas saya tetapkan 85% atau 50%, artinya penerbangan yang full service itu hanya bisa menetapkan 85%. Dalam persaingan,biasanya penerbangan yang lain itu menetapkan lebih rendah dari itu, jadi paling tidak ada satu penurunan dari situ,” Pungkas Budi.
( Red )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - IMG 20220120 WA0029 310x165 - Keindahan SMP 3 Tambun Selatan Patut Di Tiru Sekolah lain

Keindahan SMP 3 Tambun Selatan Patut Di Tiru Sekolah lain

  LENSA HUKUM KABUPATEN BEKASI Lensahukum.co.id Sekolah tempat mencari ilmu anak anak dari itu sekolah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.