Home / Politik & Hukum / KASI PMD MINTA PENDAMPING P3MD KAWAL TERUS DANA DESA
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

KASI PMD MINTA PENDAMPING P3MD KAWAL TERUS DANA DESA

LensaHukum.co.id - IMG 20190513 WA0081 - KASI PMD MINTA PENDAMPING P3MD KAWAL TERUS DANA DESA

LENSA HUKUM

TEGAL
Pendamping P3MD (Program Pembangunanan Pemberdayaan Masyarakat Desa) di Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal,baik Pendamping Desa (PD) maupun Pendamping Lokal Desa (PLD) supaya lebih maksimal dalam mendampingi desa agar pelaksanaan Dana Desa (DD) tahun 2019 lebih baik dari tahun sebelumnya. Mari bersama-sama kawal terus Dana Desa.
Demikian disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kecamatan Pagerbarang, Muchamad Fajar,SH dalam rapat koordinasi dengan Pendamping P3MD,Senin (13/5) di ruang Kasi PMD.
Dihadapan 3 orang PD dan 4 PLD,lebih jauh Muchamad Fajar menyampaikan,pendamping desa agar tidak bosan-bosan mengingatkan pihak desa supaya dalam penggunaan dana desa sesuai aturan. Karena semua yang terkait dana desa ada regulasinya.

LensaHukum.co.id - IMG 20190513 WA0082 - KASI PMD MINTA PENDAMPING P3MD KAWAL TERUS DANA DESA

Karena itu untuk antisipasi penyalahgunaan dana desa,menurut Fajar,pihaknya akan meminta kepada Kepala Desa di wilayah Kecamatan Pagerbarang menandatangani Pakta Integritas terkait penggunaan dana desa.
Salah satu isi Pakta Inegritas tersebut,kata Muchamad Fajar,memuat poin larangan terhadap kepala desa memihakketigakan kegiatan dana desa. “ Jadi seluruh kegiatan infrastrukur yang bersumber dari dana desa harus swakelola,tidak boleh pekerjaannya dilaksanakan oleh pemborong, ’’ Tegas Fajar.

LensaHukum.co.id - IMG 20190513 WA0083 - KASI PMD MINTA PENDAMPING P3MD KAWAL TERUS DANA DESA

Sementara itu,Koordinator Pendamping P3MD Kecamatan Pagerbarang,Iman Fikriyani,terkait pengawalan dana desa,ia meminta kepada PLD mengawal proses kegiatan di desa sejak proses perencanaan,pelaksanaan,hingga monitoring dan evaluasi kegiatan. ‘’Pastikan setiap tahapan tersebut dikawal dengan baik sesuai prosedur yang ada,’’ kata Iman Fikriyani.
Selain itu,Iman juga mengingatkan kepada PLD terus mendorong desa transparan dalam pengelolaan dana desa. Menurut iman,salah satu bentuk transpanasi publik terhadap dana desa, pemerintah desa supaya membuat baliho berisi infografis Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) di awal tahun anggaran dan baliho realisasi APBDes di akhir tahun anggaran.

( DAROJAT )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - IMG 20200506 WA0023 - Ketua Koi Raja Sapta Oktohari diPidanakan Dua Nasabahnya Atas Dugaan Pencucian Uang

Ketua Koi Raja Sapta Oktohari diPidanakan Dua Nasabahnya Atas Dugaan Pencucian Uang

  LENSA HUKUM JAKARTA Siapa tidak kenal dengan Raja Sapta Oktohari/RSO,mantan ketua HIPMI dan Ketua …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WARNING…. !

Kami Redaksi Media Lensa Hukum Menghimbau apabila Ada OKNUM yang mengatasnamakan Wartawan/Wartawati yang tidak terdaftar di Box Redaksi. Seluruh tindakan dan perbuatannya bukan bertanggung jawab kami. Cek Box Redaksi