Home / Politik & Hukum / Kades Di Kecamatan Pagerbarang Tegal Tandatangani Pakta Integritas
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Kades Di Kecamatan Pagerbarang Tegal Tandatangani Pakta Integritas

LensaHukum.co.id - IMG 20190516 WA0181 - Kades Di Kecamatan Pagerbarang Tegal Tandatangani Pakta Integritas

LENSA HUKUM

KAB. TEGAL

Untuk mengantisipasi tindakan yang tidak diinginkan terkait penggunaan dana desa,Kamis (16/05/2019),di Aula Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal,Kepala Desa (Kades) di wilayah Kecamatan Pagerbarang menandatangani Pakta Integritas.

Penandatangan tersebut dilakukan pada rapat koordinasi antara pihak Kecamatan dengan pihak desa yakni Kades dan Sekretaris Desa,terkait persiapan pencairan dana desa dan alokasi dana desa.

LensaHukum.co.id - IMG 20190516 WA0182 - Kades Di Kecamatan Pagerbarang Tegal Tandatangani Pakta Integritas

Dalam Pakta Integritas tersebut,di antaranya Kades ditekankan supaya tidak melakukan praktik Korupsi,Kolusi dan Nepotisme (KKN) terkait anggaran desa yang bersumber dari Dana Desa (DD),Alokasi Dana Desa (ADD), bantuan keuangan kabupaten,bantuan keuangan propinsi,bagi hasil pajak dan retribusi daerah, dana bagi hasil UPK, pendapatan asli desa,dan sumber anggaran desa lainnya yang sah.

Selain itu,Kades juga diharuskan mengerjakan kegiatan dana desa secara swakelola dan tidak diperkenankan pengerjaannya diborongkan kepada pihak ketiga. Konsekuensinya,menurut Pakta Integritas tersebut,jika Kades melanggar hal-hal yang telah dinyatakan dalam Pakta Integritas maka kades akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

LensaHukum.co.id - IMG 20190516 WA0180 - Kades Di Kecamatan Pagerbarang Tegal Tandatangani Pakta Integritas

Sementara itu Camat Pagerbarang,Ahmad Zamzami, pada rapat koordinasi itu mengingatkan kepada para kepala desa agar dalam penggunaan dana desa sesuai prosedur. Jangan sampai ada pelanggaran yang mengakibatkan berurusan dengan aparat penegak hukum.
“ Jangankan dana desa,soal Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) saja sekarang sudah melibatkan aparat penegak hukum,kejaksaan dan kepolisian, “ kata Zamzami.
Selain camat,rakor juga dihadiri,Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa,Kepala Seksi Tata Pemerintahan, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

( DAROJAT )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - IMG 20200522 WA0020 - Puluhan Karangan Bunga Nasabah PT.MPIP Menghiasi Komplek Gedung DPR RI

Puluhan Karangan Bunga Nasabah PT.MPIP Menghiasi Komplek Gedung DPR RI

  JAKARTA  LENSA HUKUM Kisruh antara Nasabah PT MPIP yang di Pimpin oleh Raja Sapta …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WARNING…. !

Kami Redaksi Media Lensa Hukum Menghimbau apabila Ada OKNUM yang mengatasnamakan Wartawan/Wartawati yang tidak terdaftar di Box Redaksi. Seluruh tindakan dan perbuatannya bukan bertanggung jawab kami. Cek Box Redaksi