Home / Politik & Hukum / Ratusan Warga Kampung Pilar Mendatangi Pengadilan Negeri Cikarang Pusat
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Ratusan Warga Kampung Pilar Mendatangi Pengadilan Negeri Cikarang Pusat

 

LensaHukum.co.id - IMG 20190821 WA0003 - Ratusan Warga Kampung Pilar Mendatangi Pengadilan Negeri Cikarang Pusat

LENSA HUKUM

CIKARANG PUSAT – KABUPATEN BEKASI

Tanah adalah hak dasar bagi setiap manusia yang perlu dipertahankan dan di perjuangkan apabila ada orang atau kelompok yang berupaya merebutnya. Kebutuhan dasar individu atau kelompok atas tanah,merupakan kebutuhan yang memiliki keterkaitan bagi seluruh proses kehidupan manusia.Maka,barangsiapa yang bertindak sewenang-wenang untuk merampas tanah milik orang lain, baik individu atau kelompok, harus dilawan,karena hal tersebut merupakan bentuk kejahatan terhadap kemanusiaan  Selasa,(20-08-2019).

Selain itu hak kepemilikan dan tempat tinggal seperti hak milik,hak adat,hak guna pakai dan berbagai hak lainnya telah dengan tegas di atur dalan negara kita yang merupakan negara hukum, termasuk hak atas rumah,kediaman dan permukiman yang termaktub dalam UUD 1945 Pasal 28H ayat 1 ” setiap orang berhak hidup sejahtera lahir,batin,bertempat tinggal. ” karenanya,negaravmempunyai kewajiban terhadap hak tanah,yakni menghormati,melindungi, dan memenuhi hak atas tanah.

LensaHukum.co.id - IMG 20190821 WA0005 - Ratusan Warga Kampung Pilar Mendatangi Pengadilan Negeri Cikarang Pusat

Dan ini terjadi kepada warga kampung pilar yang bertempat tinggal di jalan jendral Gatot Subroto gang.Sate Bunga Mekar Rt.01 dan Rw.02 Rw 01 yang sebelumnya telah menempati lahan tersebut mulai dari tahun 1971 merupakan tempat yang di huni oleh lebih dari 100 kepala keluarga dan 500 jiwa, yang telah berjuang merebut hak atas tanahnya dan melewati proses hukum sebagaimana putusan PN Bekasi Nomor: 348/Pdt.G 2004/PN Bks beserta turunan putusan Negeri Bekasi,Nomor:221/Pdt.G/2006 PN Bks; turunan putusan perdata pengadilan tinggi Bandung, Nomor:327/PDT/2005/PT BDG; dan putusan Mahkamah Agung Nomor:1570 K/Pdt/2007. Bahwa tanah tersebut telah sah menjadi milik warga dan secara hukum di menangkan oleh warga, setelah di tolak gugatan oleh hakim yang di ajukan Eddy Chandra atas SHM No:,1347/Cikarang Kota dengan gambar situasi Nomor:,37176/1996 dan permintaan agar para penggugat(warga) mwngosongkan serta membongkar bangunan. Dengan di tolaknya gugatan tersebut, maka hak yang di miliki penggugat (Eddy Chandra) telah di cabut.

Karena hal itu lah yang membuat warga kampung pilar yang tergabung dalam Forum Warga Pilar Tertindas(FOWAPTI) geruduk PN Cikarang meminta PN Cikarang mematuhi putusan dar MA.

LensaHukum.co.id - IMG 20190821 WA0004 1 - Ratusan Warga Kampung Pilar Mendatangi Pengadilan Negeri Cikarang Pusat

Dan warga kampung pilar yang tergabung dalam Forum Warga Pilar Tertindas(FOWAPTI) terkejut ketika beredar surat putusan perkara Eksekusi lahan tempat tinggal mereka dalam surat Pengadilan Negeri Cikarang Nomor: 4/Del.Eks/2019/PN Ckr Nomor: 57/Eks/2011/PN Bks jo. Nomor:234/Pdt.G/2011/PN Bks,tanpa melalui sosialisasi dan tidak mendapatkan informasi tentang rencana eksekusi tersebut. Dengan tegas bahea hal tersebut berlawanan dengan upaya hukum yang telah di lalui dan menolak rencana eksekusi yang akan di lakukan kepada tempat tinggal kami ” Ujar imam perwakilan aksi damai.

Imam perwakilan aksi damai warga kampung pilar menambahkan bahwasanya PN Cikarang untuk dapat melihat langsung kondisi objektif lapanganvagar mampu berbuat adil,serta menuntut penjelasan kepada ketua Pengadilan Negeri Cikarang yang menandatangani surat Rapat Koordibasi Eksekusi sebagaimana disebut di atas dan untuk membatalkan Putusan eksekusi(penggusuran)yang diarahkan pada tempat tinggal kami.

 

 

( HERU )

Lihat Juga

LensaHukum.co.id - Screenshot 20210217 005754 WhatsApp 310x165 - Begal Motor Kembali Beraksi Di Jalan Bugelsalam Rancamalaka

Begal Motor Kembali Beraksi Di Jalan Bugelsalam Rancamalaka

  LENSA HUKUM  CIKARANG TIMUR – KABUPATEN BEKASI  Lensahukum.co.id Seorang Lelaki pengemudi Sepeda Motor.Oca,(49 tahun) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.